Tim Divisi Keimigrasian Hadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1445 H / 2024

WhatsApp Image 2024 04 25 at 10.36.19

LAMPUNG_INFO-  Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Lampung bersama Tim hadiri Undangan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1445 H / 2024 M Provinsi Lampung, Kamis (25/4).

Bertempat di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Rajabasa Rapat Koordinasi Dipimpin langsung Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dan Dihadiri oleh Polda Lampung, Kemenkes Lampung, Bea Cukai Lampung, Angkasa Pura serta seluruh anggota tim Penyelenggaraan Haji Tahun 1445 H / 2024.

Pertemuan ini dalam rangka Koordinasi Teknis Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Haji di Embarkasi Antara Provinsi Lampung. Tim Divisi Keimigrasian yang hadiri oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Mirza Akbar, Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian, Azhan Miraza dan Perwakilan dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

Diketahui Data Pelayanan Jamaah Haji yang dihimpun oleh tim pada Tahun 2024 sebanyak 7343 Jamaah Haji dengan 19 Kloter Keberangkatan. Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Menyebutkan keberangkatan Kloter Pertama Jamaah Haji pada tahun ini dijadwalkan berangkat Pada tanggal 11 Mei 2024.

Dalam Kesempatan ini Petugas imigrasi harus bisa memberikan pelayanan maksimal dan teliti dan memastikan seluruh berkas kelengkapan Calon Jamaah Haji sudah lengkap dan berkoordinasi dengan stakeholder - stakeholder terkait. Penyelenggaraan ibadah haji 2024 menjadi perhatian publik serta melibatkan berbagai instansi terkait tentu semua sudah mempersiapkan diri serta menyusun mitigasi resiko guna memberikan pelayanan yang optimal kepada jamaah haji.

WhatsApp Image 2024 04 25 at 10.36.20WhatsApp Image 2024 04 25 at 10.36.20

(Humas Kemenkumham Lampung/MY)

Asesor Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM lakukan Kunjungan Kerja di Griya Abhipraya Bapas Bandar Lampung

LAMPUNG_INFO- Selasa (05/03/2024) Asesor Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM, Bapak Arifin dan Ibu Nunik beserta rombongan Lakukan kunjungan kerja di Griya Abhipraya Bapas Kelas II Bandar Lampung & Sarana Asimilasi Dan Edukasi Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung. 

Setelah membuka kegiatan Penilaian Kompetensi bagi jabatan Administrasi / Fungsional yang diselenggarakan di Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Asesor Ahli Utama Bapak Arifin dan Ibu Nunik didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Ibu Sorta Delima Lumban Tobing lakukan penijauan mulai dari kegiatan yang ada di Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Perempuan Bandar Lampung serta hasil dari bimbingan Kemandirian di Griya Abhipraya Bapas Kelas II Bandar Lampung.

Dalam Kesempatan ini Bapak Arifin dan Ibu Nunik mengapresiasi terhadap beragam kegiatan yang terlaksana di Griya Abhipraya Bapas Kelas II Bandar Lampung dan Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung. Dalam kunjungan yang berkesan tersebut, mereka mencatat dengan penuh penghargaan komitmen serta kerja keras sejumlah inisiatif dan praktik yang telah dilakukan oleh Bapas Bandar Lampung dan Lapas Perempuan B.Lampung 

Langkah-langkah konkret yang telah diambil, seperti pelatihan, peningkatan akses informasi hukum, dan upaya pemberdayaan masyarakat, dinilai sangat positif dan berpotensi untuk menjadi contoh bagi wilayah lain.

IMG 20240305 WA0016

IMG 20240305 WA0016

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

Bahas Program Unggulan dan RKT, Kakanwil Sorta Gelar Rapat Bersama Tim Pokja Pembangunan ZI

WhatsApp Image 2024 01 31 at 16.20.45 7

Bandar Lampung – Kepala Kantor Wilayah dan Tim Kelompok Kerja Pembangunan Zona Integritas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung melakukan Rapat setelah dibentuknya Pokja dan Sekretariat dalam kontestasi WBK/WBBM.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; Kepala Divisi Administrasi, M.Ikmal Idrus; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Agvirta Armilia Sativa; Ketua Pokja dan Perwakilan Anggota dari masing-masing Pokja ini membahas terkait Program Unggulan, Maskot, Motto serta Rencana Kerja Tahunan selama 2024.

Filosofi maskot yang diberi nama SINGGAH PAI Rencana Kerja Tahunan juga membahas terkait data dukung yang harus terpenuhi pada aplikasi E-RB khususnya di Triwulan I Tahun 2024.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

 

WhatsApp Image 2024 01 31 at 16.20.45 4

WhatsApp Image 2024 01 31 at 16.20.45 6WhatsApp Image 2024 01 31 at 16.20.45 6

 WhatsApp Image 2024 01 31 at 16.20.45 6

Rapat Presentasi Proposal Monev Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Data Survey Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survey Persepsi Anti Korupsi (SPAK)

1

LAMPUNG_INFO-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM melaksanakan Kegiatan Rapat Presentasi Proposal Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Data Survey Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survey Persepsi Anti Korupsi (SPAK) yang bertempat di lantai 2 ruangan Akuntabilitas pada Senin (19/02/24). Kepala Bidang HAM, Basnamara memimpin langsung kegiatan rapat diikuti oleh Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian, Pengembangan Hukum dan HAM (Hidayatullah Islamy) dan staff,  Kepala Subbidang bimbingan dan pengentasan anak (Bapak Iwan Patra) Unit Pelaksanana Teknis (UPT) dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung sebanyak 15 UPT pemasyarakatan dan imigrasi. 

 

Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI khususnya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung dan satuan kerja di lingkungannya di bidang Pelayanan Hukum, Pemasyarakatan dan Keimigrasian, saat ini belum maksimal hal tersebut dapat diketahui melalui data aplikasi survei 3AS. Ditambah lagi masyarakat yang semakin dinamis mengajukan tuntutan kepada pemerintah melalui media sosial, sehingga berpotensi memberikan dampak kurang baik terhadap citra pelayanan publik dan, akibatnya dapat menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.

Dalam rangka menjaring persepsi masyarakat mengenai kualitas pelayanan, Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat, mewajibkan penyelenggara pelayanan untuk melakukan evaluasi secara berkala dan berkelanjutan. Dalam rangka mendukung hal tesebut pada tahun 2021 Kantor Wilayah Kementerian Hukumdan HAM Lampung melakukan kegiatan monitoring hasil survey pada satuan kerja disertai rekomendasi.

 

Laporan monitoring dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung pada seluruh satuan kerja di lingkungannya terhadap unsur terendah dari SPKP-SPAK Tahun 2024 dan pelaksanaan survei dengan tujuan mengetahui keberhasilan pelaksanaan rekomendasi yang telah diberikan, mengetahui kendala satuan kerja dalam melaksanakan rekomendasi dan memberikan rekomendasi yang lebih efektif dan efisien.

1212121212121212121212

(Humas Kemenkumham Lampung)

Kakanwil Kemenkumham Lampung Lakukan Kunjungan Kerja Di Bapas Bandar Lampung

WhatsApp Image 2024 01 31 at 14.23.13

LAMPUNG_INFO - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Sorta Delima Lumban Tobing laksanakan kunjungan kerja di Balai Pemasyarakatan Kelas II Bandar Lampung. Rabu, (31/01/2024).

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham Lampung di Bapas Bandar Lampung disambut langsung oleh M. Nur, selaku Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Bandar Lampung, Pejabat Struktural, dan Pegawai Balai Pemasyarakatan Kelas II Bandar Lampung

Adapun maksud dan tujuan kedatangan Sorta di Bapas Bandar lampung adalah dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan pembangunan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Kanwil Kemenkumham Lampung yang sedang di kerjakan di Jl. Lapas Raya, Way Hui, Bandar Lampung yang juga berdampingan dengan Lapas Perempuan Bandar lampung dan Griya Abhipraya Bapas Bandar Lampung. Pembangunan SAE Kanwil Lampung merupakan upaya dan keseriusan Kanwil Kemenkumham Lampung dalam mendukung program pembangunan nasional terkait program Restoratif Justice.

Sorta dalam diskusinya dengan Kepala dan Pegawai Bapas Bandar Lampung juga memberikan Penguatan kepada Pegawai Bapas Bandar Lampung terkait pembinaan Klien Bapas serta membahas Tugas dan Fungsi Balai Pemasyarakatan yang terbaru, dan juga tentunya terkait progam dan tata kelola Griya Abhipraya Bapas Bandar Lampung yang nantinya akan berkolaborasi dengan SAE Kanwil Kemenkumham Lampung.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

WhatsApp Image 2024 01 31 at 14.23.15 1

WhatsApp Image 2024 01 31 at 14.23.15 1

WhatsApp Image 2024 01 31 at 14.23.14 1

 

Search Mobile