Kakanwil Sorta Buka Rakor MPWN dan MPDN Se-Provinsi Lampung Serta Sinar Yankumham Lampung

cover

LAMPUNG_INFO - Tingkatkan kesadaran hukum masyarakat Lampung, Kakanwil Sorta Delima Lumban Tobing buka Rakor MPWN dan MPDN se-Provinsi Lampung serta Sinar Yankumham Lampung. Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Perdata Dirjen AHU Santun Maspari Siregar, Kadivyankumham Agvirta Armilia Sativa dan Kadivim Tato Juliadin H. Kamis, (14/03/2024).

Menyampaikan laporan panitia pemyelenggara, Kadivyankumham Agvirta kemudian menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi terkait kebijakan Kemenkumham tentang layanan fidusia guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat terhadap pentingnya pendaftaran dan penghapusan jaminan fidusia sesuai UU No. 42 Tahun 1999.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkuat sinergi antara MPWN, MPDN, dan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dalam pengawasan dan pembinaan notaris di daerah.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Kakanwil Sorta menyampaikan pentingnya kesempatan ini untuk berdiskusi dan menggali informasi terkait fidusia serta untuk memperkuat koordinasi antara anggota MPWN dan MPDN Provinsi Lampung dalam meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap notaris di daerah. Sorta juga mengapresiasi para narasumber atas kesediaannya untuk berbagi informasi kepada seluruh peserta.

Menyampiakan Keynote Dirjen AHU, Direktur Perdata Dirjen AHU Santun Maspari Siregar menyampaikan pentingnya pengawasan dan pembinaan terhadap notaris guna melindungi masyarakat dari perilaku tidak profesional. Sinergi antara Majelis Pengawas Notaris, Majelis Kehormatan Notaris, dan aparat penegak hukum menjadi kunci untuk mencapai kepastian hukum dan perlindungan masyarakat sebagai pengguna jasa notaris.

Dengan dihadiri lebih dari 250 peserta, acara ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi dan kolaborasi antara para pemangku kepentingan untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap notaris di Provinsi Lampung, serta untuk menjalankan Rencana Aksi Tahun 2024 pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

10101010101010101010


Cetak   E-mail