Kakanwil Lampung, Dr. Sorta Hadiri Opening Ceremony Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tahun 2023

a

LAMPUNG_INFO- Bertempat di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Wayhalim, Bandar Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata; menghadiri kegiatan Opening Ceremony Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-24 Tahun 2023. Rabu (07/6).

GTTGN Ke-24 yang mengambil tema Menguatkan Daya Saing Desa dan Menyejahterakan Warga dibuka secara langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar; Dihadiri Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi; Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim; serta diikuti oleh Pejabat Forkopimda Provinsi Lampung serta Para Gubernur, Bupati Wali Kota se-Indonesia.

Pada tahun 2023, Provinsi Lampung telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara GTTGN XXIV. merupakan sebuah event nasional yang diadakan setiap tahun dengan tujuan memfasilitasi pertukaran informasi dan promosi terkait inovasi teknologi tepat guna dari seluruh provinsi di Indonesia. Acara ini menjadi tempat bagi para inovator, peneliti, dan praktisi teknologi untuk mempresentasikan hasil karya mereka serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan solusi tepat guna yang dapat diimplementasikan di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam Pembukaannya, Menteri yang sering disapa Gus Halim Menyampaikan pemanfaatan anggaran dana desa (ADD) sangat direkomendasikan untuk melakukan inovasi pengembangan dan implementasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

g

Gus Halim juga menuturkan kegiatan GTTGN ini sangat penting karena berbagai inovasi yang dihasilkan diyakini akan mempercepat kemajuan desa-desa di seluruh Indonesia. Selain itu, Kemendes PDTT juga terus melakukan pendampingan terhadap para inovator-inovator desa yang memiliki komitmen terhadap pertumbuhan ekonomi. Gus Halim optimistis berbagai inovasi yang dihasilkan akan semakin menunjang pemanfaatan Dana Desa untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM desa. "Jika dua hal ini tertangani dengan baik pada level desa maka dampaknya akan masuk pada skala nasional,"

Sebelumnya, Gubernur Lampung sampaikan Provinsi Lampung memiliki 320.000 UMKM namun sejauh ini belum tepat guna dan belum tepat sasaran. Oleh karena itu dirinya berharap, melalui pagelaran TTG tersebut dapat membuat suatu perubahan pada masa yang akan datang. 

f

"Tepat guna dalam upaya percepatan alih teknologi dari penemu kepada masyarakat dan pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil produksi UMKM yang begitu banyak di Desa," kata Arinal.

iiiiiii

(Humas Kemenkumham Lampung/MY)


Cetak   E-mail