Ajak Pegawai Kanwil Lampung Perkuat Budaya Literasi, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hadirkan Pelayanan Troli Pustaka

 1

Bandar Lampung - Menteri Hukum dan HAM R.I, Yasonna H. Laoly melaunching ‘Kemenkumham Corporate University’ (Corpu) di tahun 2019 yang merupakan bukti komitmen Kementerian Hukum dan HAM ciptakan SDM unggul, dimana Kemenkumham Corpu adalah salah satu strategi dalam mencapai tujuan organisasi, dengan mewujudkan link and match antara pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan strategis organisasi dan kompetensi pegawai, pengelolaan pengetahuan dan penerapan nilai – nilai PASTI dengan target kinerja Kementerian Hukum dan HAM. Dengan pendekatan Corpu maka pengembangan SDM unggul dan proses pembelajaran menjadi tanggung jawab semua pegawai, kapan saja dan dimana saja secara terpadu dan sistematis. 

Pengembangan kompetensi pegawai dalam hal ini berupa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pegawai, sumber daya manusia yang salah satunya ialah budaya membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi yang berupa karya tulis, karya cetak dan karya rekam.

Selaras dengan hal tersebut guna mendorong serta memperkuat Budaya Literasi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Dr. Alpius Sarumaha; mensosialisasikan Program Terbaru berupa layanan "Troli Pustaka". Dr. Alpius menjelaskan bahwa Troli Pustaka merupakan langkah "Jemput Bola" yang dilakukan oleh Divisi Pelayanan Hukum dan HAM khususnya Perpustakaan Hukum Kanwil Kemenkumham Lampung untuk membantu dan memberikan kemudahan bagi para pegawai dalam miminjam buku sehingga efektifitas dan efisiensi dalam layanan perpustakaan Hukum dapat tercipta.

Kepala Kantor Wilayah Kanwil Kemenkumham Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing mendukung program/layanan ini karena dapat membantu seluruh pegawai dalam memenuhi kebutuhan informasi melalui media buku serta terbukanya wawasan yang lebih luas. Sorta juga menyarankan agar koleksi buku yang ada pada troli pustaka untuk ditambah tidak hanya fokus pada gendre buku.

Dr.Alpius juga menjelaskan terkait prosedur dalam memanfaatkan layanan ini Kepada Kakanwil dan Kadivmin. M.Ikmal Idrus selaku Kadivmin juga merasa terbantu jika Layanan Troli Buku dapat berjalan lancar dan setiap hari ada. Menurutnya, Pekerjaan yang menumpuk membuat pegawai tidak sempat jika harus berkunjung ke perpustakaan. Dengan adanya layanan ini diharapkan Pegawai dapat menyempatkan untuk membaca Buku setiap harinya. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG / ODY)

WhatsApp Image 2023 03 01 at 20.13.51WhatsApp Image 2023 03 01 at 20.13.51WhatsApp Image 2023 03 01 at 20.13.51WhatsApp Image 2023 03 01 at 20.13.51WhatsApp Image 2023 03 01 at 20.13.51WhatsApp Image 2023 03 01 at 20.13.51WhatsApp Image 2023 03 01 at 20.13.51

 


Cetak   E-mail