Narasi Menarik, Video Ciamik. Hari Kedua Pelatihan Pengelolaan Informasi Publik. Peserta Lakukan Penulisan Naskah Berita, Editing Video Hingga Teknik Fotografi.

1

LAMPUNG_INFO- Memasuki Hari Ke Dua Pelatihan Pengelolaan Informasi Publik, peserta ikuti pembelajaran dalam Penulisan Naskah Berita, Reportase, Editing Video hingga Teknik Fotografi. Kegiatan yang berkolaborasi dengan Radar Lampung dan berlangsung selama dua hari, 28 Februari-01 Maret 2023 di Graha Pena Radar Lampung ini, Diawali dengan sesi Evaluasi Pemantauan Media Sosial pada masing-masing Satuan kerja. Pada Sesi ini Pranata Humas Ahli Pertama Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Nabil An Nafis; sampaikan hasil pemantauan Media Sosial dalam sebulan terakakhir pada satker di lingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung.

2

Pada Sesi Kedua, dilanjutkan pemberian materi Oleh General Manager Radar Lampung TV, Hendarto Setiawan; Membahas mengenai Teknik dasar dan strategi dalam penulisan Naskah Berita, teknik pengambilan video, editing dan dubbing pada berita “Dalam pengambilan gambar dapat dilihat dari masing-masing prespektif angle camera yang berbeda fungsinya satu sama lain. Dengan camera angle sudut tertentu kita bisa menghasilkan suatu shot yang menarik dengan prespektif yang unik”Ucapnya.

Hendarto Setiawan juga sampaikan materi terkait Dubbing dalam Dunia Berita. Terdapat tiga jenis berita yang turut mempengaruhi pembawaan seorang dubber dalam menyajikan suatu berita. Tiga jenis tersebut,Pertama Soft news relatif lebih luwes, dan dari segi isi tidak terlalu berat, kedua hard news, harus segera disiarkan dan Feature yaitu memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca.

Setelah Pemaparan materi, Seluruh peserta diberi kesempatan meninjau ke studio Radar TV. Peserta juga diberikan kesempatan melakukan praktik langsung dalam Wawancara hingga Praktik Dasar Reportase.

Pemberian Materi dilanjutkan Oleh Deputi General Manager Radar Lampung TV, Jefri Ardi; Dalam Kesempatan ini Jefri memberikan materi terkait pengambilan gambar bergerak atau biasa disebut dengan Videografi. Jefri jelaskan hal yang menjadi dasar pengambilan Video sekaligus Teknik dalam Editing Video.

Kegiatan ditutup dengan pembekalan materi tentang foto jurnalistik yang disampaikan oleh Muhammad Tegar Mujahid, Fotografer Radar Lampung. Pria yang sering disapa dengan Bang Tegar ini menyampaikan terkait Foto Jurnalistik. Foto jurnalistik adalah sebuah bentuk dari jurnalisme (mengumpulkan, menyunting, dan memperlihatkan bahan berita untuk publikasi atau penyiaran) yang menggunakan gambar-gambar dalam rangka mengabarkan sebuah berita. Pelatihan diakhiri dengan pemberian Sertifikat kepada seluruh peserta dan Penghargaan terhadap peserta Terbaik serta Foto Bersama.

131313131313131313131313
(Humas Kemenkumham Lampung./MY)


Cetak   E-mail