Semarakan Tahun Merek di Tahun 2023, RuKI Kanwil Lampung Berikan Penjelasan Terkait Merek

 1

Bandar Lampung – Tahun Tematik Merek yang ditetapkan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI jatuh pada Tahun 2023. Tak ingin tertinggal, RuKI (Guru Kekayaan Intelektual) Kanwil Kemenkumham Lampung memaparkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Lampung dalam semarak Tahun Tematik Merek kepada seluruh Bidang pada Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung di Aula, Kamis 23 Februari 2023. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan program yang telah di gagas/ direncanakan oleh Itjen Kemenkumham RI.

Pemaparan materi / kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha.

Sebagai Informasi Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu juga menyampaikan program unggulan utama DJKI. Yang pertama adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing, melalui program:

  1. Safari Menteri Hukum dan HAM RI, dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dalam pembenahan layanan KI.
  2. DJKI Aktif Belajar dan Mengajar, untuk meningkatkan edukasi KI kepada stakeholder di seluruh lapisan. 
  3. Indonesia IP Academy, yang merupakan struktur untuk meningkatkan potensi KI di Indonesia.

Selanjutnya, program unggulan utama DJKI yang kedua adalah revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Di antaranya terdapat program:

  1. One Village One Brand (Merek Kolektif), untuk mendorong ekonomi daerah berbasis KI di setiap desa atau pun kabupaten dengan memiliki satu brand secara kolektif yang dimiliki oleh komunitas yang bergerak di satu bidang tertentu pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau ekonomi kreatif (Ekraf). 
  2. Mobile IP Clinic 2023, yang merupakan layanan kolaborasi Kemenkumham dengan stakeholder pemerintah di daerah.
  3. Patent Examiner Goes To Campus, layanan konsultasi dan pendampingan pemeriksa paten secara intensif kepada pemohon paten yang mendukung pertumbuhan paten nasional.  
  4. Prioritas Nasional KIK, sebagai upaya pemberdayaan KIK untuk dimanfaatkan secara luas melalui promosi dalam database KIK Indonesia.
  5. GI Drafting Camp, merupakan pemberdayaaan atas 100 IG dalam negeri yang telah terdaftar sehingga menumbuhkan kebermanfaatan ekonomi untuk masyarakat.
  6. Persiapan Perancangan Kawasan Karya Cipta 2024, di mana akan ada satu wilayah untuk satu kawasan karya cipta. 

Dalam mendukung penyelenggaraan Tahun Merek 2023, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual akan meluncurkan Persetujuan Otomatis Perpanjangan Merek (POP Merek). Menurut Menteri Hukum dan HAM, Yasonna, ini merupakan inovasi revolusioner Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan melakukan penyelarasan bisnis proses perpanjangan merek dengan waktu kurang dari 10 menit. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

WhatsApp Image 2023 02 23 at 16.37.49 1WhatsApp Image 2023 02 23 at 16.37.49 1WhatsApp Image 2023 02 23 at 16.37.49 1WhatsApp Image 2023 02 23 at 16.37.49 1


Cetak   E-mail