Program Pemajuan HAM Di Wilayah, Kanwil Kemenkumham Lampung Ikuti Rapat Koordinasi Teknis HAM Tahun 2023

1

LAMPUNG_INFO-Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM) Kementerian Hukum dan HAM menggelar Rapat Koordinasi Teknis HAM Tahun 2023 yang diikuti jajaran Ditjen HAM dan Kantor Wilayah. Hadir menyaksikan kegiatan secara virtual, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Lampung, Dr. Alpius Sarumaha; Kepala Sub Bidang P3 Hukum & HAM, Hidayatullah Islamy; Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM,Ferie Irza Irawan; beserta staf.

Dirjen HAM, Mualimin Abdi, memberikan sejumlah arahan dalam rapat tersebut. Sekaligus membuka Rapat Koordinasi Teknis Pemajuan HAM

Mualimin menegaskan bahwa Hak Asasi Manusia bukan hanya urusan Kepala Kantor Wilayah atau pun Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, namun Hak Asasi Manusia menyangkut urusan kita semua sebagai manusia dimana Hak Asasi Manusia merupakan hak yang melekat pada diri kita sejak lahir. Mengacu pada hal tersebut, tugas negara khususnya pemerintah adalah melaksanakan serta mengoordinasikan terkait penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Mualimin menekankan bahwa Ditjen HAM maupun Kanwil memiliki tugas yang penting dan strategis di Kemenkumham. Ia menyebut urusan hukum dan HAM harus berjalan berdampingan.

"Ditjen HAM merupakan separuh napas dari Kemenkumham. Kanwil di daerah juga sama. Sejatinya urusan HAM itu separuh napas dari tugas Kakanwil. Hukum dan HAM harus jalan berdampingan." jelas Mualimin.

Kegiatan Rakornis pada hari ini dilanjutkan dengan Persentasi oleh masing-masing Pimpinan Tinggii Pratama Pada Direktrorat Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM).

99999999

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG/MY)


Cetak   E-mail