Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika: Layanan Publik Digital Kementerian Hukum dan HAM, Menuju Indonesia Maju

20201027 UPACARA HDKD 01

LAMPUNG_INFO – Pada Selasa (27/10/2020) bertempat di Aula Kemenkumham Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementarian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Danan Purnomo, bersama Kepala Divisi Administras / Plt. Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ida Asep Somara; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi; dan Kepala Divisi Keimigrasian, Hasanudin; beserta segenap Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas, secara virtual menghadiri Upacara Hari Dharma Karyadhika yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober setiap tahunnya dan diselenggarakan di Graha Pengayoman, Jakarta. Upacara dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly dan Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam Sariwanto.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly menyampaikan, bahwa Tema Hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020 adalah "Layanan Publik Digital Kementerian Hukum dan HAM, Menuju Indonesia Maju." Semangat yang dibangun bersama adalah melakukan revolusi digital dalam administrasi pelayanan publik. Hal ini sudah dimulai sejak tahun 2016 dengan pencanangan Birokrasi Digital. Saat ini Kementerian Hukum dan HAM ingin melakukan lompatan yang lebih besar agar seluruh pelayanan publik di Kementerian Hukum dan HAM berjalan secara digital, sehingga pelayanan akan semakin cepat, mudah, dan transparan.

Sejalan dengan adanya revolusi digital layanan Kementerian Hukum dan HAM, hari ini Menkumham me-Launching Aplikasi e-visa dan Aplikasi SIPKumham (Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM). Aplikasi ini adalah bagian dari inovasi di bidang Keimigrasian dan dibidang Hak Asasi Manusia. Yasonna berharap, hal ini akan dilanjutkan dengan proses digitalisasi seluruh administrasi pelayanan publik Kementerian Hukum dan HAM.

“Semoga aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat.”

Kesempatan ini juga dimanfaatkan Menteri Hukum dan HAM untuk menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pemangku kepentingan, baik individu maupun lembaga dan instansi, atas kerja sama dan dukungan yang telah diberikan kepada Kementerian Hukum dan HAM selama ini. Penghargaan diberikan kepada 22 individu serta 20 Lembaga dan Instansi. Namun karena situasi pandemi, tidak semua penghargaan kami berikan secara langsung. Penghargaan juga kami berikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Hukum dan HAM yang telah memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan organisasi. Yasonna berharap, penghargaan ini dapat memotivasi untuk terus berkarya memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara.

Menjelang akhir sambutannya, Yasonna memaparkan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika, seperti Konferensi Ilmiah Internasional dengan tema: “Reimagining the Vision on Law and Human Rights”, bakti sosial ke pada masyarakat melalui kegiatan Kumham Peduli, Virtual Bike, hingga perlombaan di bidang seni, seperti: lomba puisi, lomba pidato, dan lomba lagu dengan tema Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020. Yasonna mengharapkan kegiatan-kegiatan ini menambah semangat untuk terus memberikan kinerja yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Pada akhirnya hanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa kita memohon perlindungan dan bimbingan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesehatan kepada kita semua guna membangun bangsa dan negara, menuju Indonesia Maju.” Tutup Yasonna mengakhiri sambutannya. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG).

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01

20201027 UPACARA HDKD 01


Cetak   E-mail