Cegah Penyakit DBD, Kakanwil Sorta Buka Dan Hadiri Kegiatan Fogging Serentak UPT Pemasyarakatan Se-Lampung

1

LAMPUNG_INFO – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung Sorta Delima Lumban Tobing buka dan hadiri kegiatan fogging serentak UPT Pemasyarakan se-Lampung. Kamis, (02 Mei 2024).

Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung, acara yang bekerja sama dengan Puskesmas Banjar Agung dan Puskesmas Merbau mataram  ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemayarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung Kusnali, Kepala Lapas Narkotika Ade Kusmanto, para pejabat dan pegawai Lapas Narkotika, dan juga disiarkan secara langsung melalui Live Instagram.

Dalam sambutannya, Kakanwil Sorta Mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Banjar Agung dan Puskesmas Merbau mataram yang menyambut dengan baik dan cepat terkait pencegahan DBD ini. Dengan adanya pemberitaan banyaknya Warga Lampung yang sudah terjangkit wabah DBD, melalui Bapak Kadivpas, Kakanwil Sorta meminta untuk seluruh jajaran Pemsyarakatan khusunya Lapas dan Rutan untuk melakukan pencegahan.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada yang terjangkit, semua WBP sehat di Lapas dan Rutan, dan dengan adanya kegiatan ini merupakan suatu Upaya pencegahan agar para warga binaan kita tidak terjangkit DBD” ujar Sorta

Setelah kegiatan pembukaan, acara langsung dilanjut dengan kegiatan fogging atau pengasapan di seluruh area Lapas Narkotika Bandar Lampung yang mencakup seluruh area blok hunian, tempat ibadah, saluran dan tempat penampungan air, yang disaksikan langsung oleh Kakawil Sorta.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk Upaya antisipasi terkait penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan memastikan seluruh UPT Pemasyarakatan se-Lampung bebas DBD, yang juga merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

22222222222222

Kanwil Kemenkumham Lampung Laksanakan Seleksi PJA 2024 Tingkat Provinsi

1

LAMPUNG _INFO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung melaksanakan seleksi Paralegal Justice Award (PJA) 2024 Tingkat Provinsi. Senin, (29 April 2024). Kegiatan yang bertujuan untuk menjaring peserta untuk maju ke tingkat nasional ini dilaksanakan  secara virtual dan diikuti sebanyak 39 peserta yang merupakan Kepala Desa/Lurah di Provinsi Lampung. Seleksi dilaksanakan dengan metode wawancara yang mana Tim Penilai terdiri dari Pejabat Struktural di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Penyuluh Hukum Madya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Lampung, perwakilan Pengadilan Tinggi Provinsi Lampung, serta Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung.

Sebelumnya, pada tahap seleksi tingkat Kabupaten/Kota telah dilaksanakan dan berhasil menjaring sebanyak 39 Kepala Desa/Lurah yang berhasil maju ke seleksi tingkat provinsi. Peserta yang lolos dalam seleksi tingkat provinsi ini akan maju mengikuti seleksi nasional yang diselenggaran oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI yang kemudian diikuti dengan penguatan kompetensi dalam penyelesaian konflik/masalah hukum melalui Paralegal Academy. Seleksi Paralegal Justice Award 2024  tingkat provinsi di Provinsi Lampung ini terdiri dari 2 (dua) kategori yakni peserta Nonlitigation Peace Maker sebanyak 34 kepala Desa/Lurah serta peserta Nonlitigation Peace Maker dan Anubhawa Sasana Jagaddhita sebanyak 5 kepala desa/lurah.

Adapun Tim Penguji yang telah dibentuk berasal dari 4 Unsur Instansi, yaitu dari Unsur Kantor Wilayah Lampung, Pemerintah Provinsi dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Tertinggal sebanyak 5 orang serta Unsur Pengadilan Tinggi sebanyak 3 orang.

Penyelenggaraan Anugerah Paralegal Justice Award ini merupakan langkah untuk menciptakan Kesadaran hukum yang dianggap sebagai sebuah orientasi pembinaan hukum yang tidak hanya diarahkan pada pribadi personal atau individu, akan tetapi juga pada seluruh masyarakat secara universal termasuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hingga level pemerintah desa, sehingga hukum yang diharapkan menjadi pedoman hidup masyarakat dapat menjadi budaya yang melahirkan ketertiban hidup bagi masyarakat. Oleh karena itu diperlukan bagian dari peran sentral dan strategis Kepala Desa/Lurah untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan, serta ketertiban di lingkungan masyarakatnya yang berdampak pada penciptaan dan pertumbuhan lapangan kerja, investasi, dan pariwisata.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

22222

Tim Divisi Keimigrasian Hadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1445 H / 2024

WhatsApp Image 2024 04 25 at 10.36.19

LAMPUNG_INFO-  Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Lampung bersama Tim hadiri Undangan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1445 H / 2024 M Provinsi Lampung, Kamis (25/4).

Bertempat di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Rajabasa Rapat Koordinasi Dipimpin langsung Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dan Dihadiri oleh Polda Lampung, Kemenkes Lampung, Bea Cukai Lampung, Angkasa Pura serta seluruh anggota tim Penyelenggaraan Haji Tahun 1445 H / 2024.

Pertemuan ini dalam rangka Koordinasi Teknis Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Haji di Embarkasi Antara Provinsi Lampung. Tim Divisi Keimigrasian yang hadiri oleh Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Mirza Akbar, Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian, Azhan Miraza dan Perwakilan dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

Diketahui Data Pelayanan Jamaah Haji yang dihimpun oleh tim pada Tahun 2024 sebanyak 7343 Jamaah Haji dengan 19 Kloter Keberangkatan. Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Menyebutkan keberangkatan Kloter Pertama Jamaah Haji pada tahun ini dijadwalkan berangkat Pada tanggal 11 Mei 2024.

Dalam Kesempatan ini Petugas imigrasi harus bisa memberikan pelayanan maksimal dan teliti dan memastikan seluruh berkas kelengkapan Calon Jamaah Haji sudah lengkap dan berkoordinasi dengan stakeholder - stakeholder terkait. Penyelenggaraan ibadah haji 2024 menjadi perhatian publik serta melibatkan berbagai instansi terkait tentu semua sudah mempersiapkan diri serta menyusun mitigasi resiko guna memberikan pelayanan yang optimal kepada jamaah haji.

WhatsApp Image 2024 04 25 at 10.36.20WhatsApp Image 2024 04 25 at 10.36.20

(Humas Kemenkumham Lampung/MY)

Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI, Kakanwil Sorta Paparkan Capaian Kinerja Dan Inovasi Kanwil Kemenkumham Lampung

1

LAMPUNG_INFO – Komisi III DPR RI, yang dipimpin oleh Habiburokhman selaku Ketua Tim, melakukan kunjungan kerja reses masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 di Provinsi Lampung. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja Aparat Penegak Hukum (APH) di wilayah Provinsi Lampung. Senin, (29/04/2024).

Rapat kerja yang berlangsung di Hotel Novotel Bandar Lampung tersebut dihadiri oleh Kakanwil Sorta Delima Lumban Tobing, Kepala Biro Hukerma Hantor Situmorang, Pimpti Pratama Kanwil Kemenkumham Lampung, Seluruh Ka UPT dilingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung dan jajaran stakeholder APH terkait di Provinsi Lampung.

6

Dalam paparannya, Kakanwil Sorta Delima memaparkan kondisi umum Kanwil Kemenkumham Lampung dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, penjelasan mengenai anggaran, program-program prioritas, dan capaian kinerja. Kakanwil Sorta juga memaparkan strategi dan inovasi yang telah dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Lampung.

Beberapa strategi tersebut antara lain Strategi pelaksanaan Program Pembentukan Produk peraturan perundang-undangan daerah, Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan guna mencegah over crowding, Fungsi Keimigrasian Dalam Rangka Pengawasan Orang Asing, Strategi Peningkatan Kecepatan dan Kualitas Layanan Publik, dan Program Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat.

9

Salah satu inovasi yang diterapkan adalah penggunaan teknologi dalam proses pelayanan pubik kepada masyarakat. Kakanwil Sorta memaparkan bahwa di Kanwil Kemenkumham Lampung telah terdapat berbagai aplikasi seperti aplikasi M-Paspor, APOA (Aplikasi Pelaporan Orang Asing) yang telah memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen keimigrasian.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, Kakanwil Sorta menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Lampung telah melakukan penyuluhan hukum, salah satunya adalah Pembentukan dan Pembinaan Desa Sadar Hukum. Saat ini terdapat 65 Desa Sadar Hukum yang telah diresmikan dan pada Tahun 2024 akan diresmikan 88 Desa.

Dalam reses juga dibahas berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Kanwil Kemenkumham Lampung dalam menjalankan tugasnya. Beberapa di antaranya adalah masalah infrastruktur, SDM, dan koordinasi lintas sektoral. Anggota Komisi III DPR RI memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Kanwil Lampung dalam mengatasi tantangan tersebut, serta menjanjikan dukungan dan bantuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja instansi tersebut di masa mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Habiburokhman menyampaikan bahwa Komisi III ingin memastikan bahwa APH di Lampung bekerja dengan baik dan profesional dalam menegakkan hukum. Beliau juga memberikan apresiasi atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Lampung dalam mengatasi tantangan tersebut, serta menjanjikan dukungan dan bantuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja instansi tersebut di masa mendatang.

3

Kunjungan kerja reses ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerjasama antara Komisi III DPR RI dan Kanwil Kemenkumham Lampung dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan penegakan hukum di wilayah Lampung.

1616161616161616161616161616

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

Asesor Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM lakukan Kunjungan Kerja di Griya Abhipraya Bapas Bandar Lampung

LAMPUNG_INFO- Selasa (05/03/2024) Asesor Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM, Bapak Arifin dan Ibu Nunik beserta rombongan Lakukan kunjungan kerja di Griya Abhipraya Bapas Kelas II Bandar Lampung & Sarana Asimilasi Dan Edukasi Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung. 

Setelah membuka kegiatan Penilaian Kompetensi bagi jabatan Administrasi / Fungsional yang diselenggarakan di Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Asesor Ahli Utama Bapak Arifin dan Ibu Nunik didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Ibu Sorta Delima Lumban Tobing lakukan penijauan mulai dari kegiatan yang ada di Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Perempuan Bandar Lampung serta hasil dari bimbingan Kemandirian di Griya Abhipraya Bapas Kelas II Bandar Lampung.

Dalam Kesempatan ini Bapak Arifin dan Ibu Nunik mengapresiasi terhadap beragam kegiatan yang terlaksana di Griya Abhipraya Bapas Kelas II Bandar Lampung dan Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung. Dalam kunjungan yang berkesan tersebut, mereka mencatat dengan penuh penghargaan komitmen serta kerja keras sejumlah inisiatif dan praktik yang telah dilakukan oleh Bapas Bandar Lampung dan Lapas Perempuan B.Lampung 

Langkah-langkah konkret yang telah diambil, seperti pelatihan, peningkatan akses informasi hukum, dan upaya pemberdayaan masyarakat, dinilai sangat positif dan berpotensi untuk menjadi contoh bagi wilayah lain.

IMG 20240305 WA0016

IMG 20240305 WA0016

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

Search Mobile