Kanwil Lampung Bersama Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI dan BPKP Provinsi Lampung Gelar Bimtek Penyelenggaraan SPIP Tahun 2023

1 2

Bandar Lampung - Kanwil Kemenkumham Lampung Bersama Inspektorat Jenderal, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung menggelar Bimbingan Teknis / Workshop Penyelenggaraan SPIP Tahun 2023 Pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung. Kegiatan yang di Buka oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; turut mengundang Kepala Perwakilan BPKP Prov. Lampung, Suyarsih Fifi Herwati sebagai Narasumber beserta Hasniah selaku Auditor Muda serta di Ikuti Oleh Operator SPIP Pada Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham Lampung.

Selain dari BPKP, Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI dalam hal ini Auditor Madya, Doctor Gurning; Auditor Muda, Dewi Ayu Nurmalasari juga menjadi Narasumber dalam Bimtek Penyelenggaraan SPIP Tahun 2023 ini.

Dimulai dengan penyampaian materi oleh Suyarsih Fifi yang mengusung tema Menuju "Kemenkumham Andal, Profesional, Innovatif dan Berintegritas" melalui peningkatan Maturitas SPIP Terintegrasi. Fifi mengatakan bahwa Dalam Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2008, Pimpinan Instansi Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk Menyusun Perencanaan dan Menetapkan Tujuan Organisasi lalu Membangun Sistem Pengendalian Intern Yang Memadai dengan 5 siklus Penilaian Risiko, Kegiatan Pengendalian, Informasi dan Komunikasi, Pemantauan dan Lingkungan Pengendalian dan terakhir mencapai Tujuan Organisasi Melalui 4 Tujuan SPIP (Efektivitas dan Efesiensi, Keandalan Pelaporan Keuangan, Pengamanan Aset Negara, Ketaatan Terhadap Peraturan Perundang-undangan).

Dilanjutkan dengan materi oleh Dewi Ayu Nurmalasari yang dibuka oleh Doctor Gurning selaku Auditor Pada Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI terkait Metode Pengujian Struktur dan Proses yang ada pada kertas Kerja. Mala menyampaikan Metode Pengujian bisa berupa Pengujian Sistem, Survey, Observasi, Wawancara dan Dokumen.

Kegiatan ditutup dengan Penyampaian Materi oleh Hasniah dan tanya jawab terkait tata cara pengisian Kertas Kerja yang diikuti secara langsung oleh peserta Bimtek SPIP Tahun 2023.

131313131313131313131313

(Humas Kemenkumham Lampung/ODxMY)


Cetak   E-mail