Balitbangkumham Bersama Kanwil Lampung Gelar Analisis Studi Kelayakan Prospek dan Minat Studi Politeknik Kemenkumham

1

LAMPUNG_INFO- Dalam rangka pelaksanaan kegiatan terkait kebijakan Restrukturisasi Politeknik Ilmu Pemasyaratan dan Politeknik Imigrasi menjadi Politeknik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pengumpulan Data Lapangan: Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja Atas Efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Vokasi Dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Pada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Tim Kajian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM RI melaksanakan pengumpulan data lapangan ”Analisis Studi Kelayakan: Prospek dan Minat Studi Politeknik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia” pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung dalam hal ini disambut baik oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; didampingi Kepala Divisi Administrasi, Dr. M Ikmal Idrus; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr. Farid Junaedi; Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha; Plt. Kepala Bidang Hak Asasi Manusia, Susilowati; Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Hidayatullah Islamy serta Tim Kajian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM R.I yang diwakili oleh Analis Kebijakan Ahli Muda, Eldes Natalya Hutagalung; dan Analis Perlindungan Hak-hak Sipil dan HAM, Ganesh Cintika Putri.

Kegiatan Analisis Studi Kelayakan meliputi diskusi dengan Alumni Poltekip dan Poltekim dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan survei preferensi dan peminatan siswa kelas XII untuk melanjutkan studi ke Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung(14/02/2023).

Selanjutnya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha; membuka kegiatan dengan memberikan tujuan diadakannya kegiatan ini. Kemudian di lanjutkan dengan sambutan dan pengarahan oleh Kepala Kantor Wilalayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing.

Dalam sambutannya Sorta mengatakan saat ini Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM sedang melakukan kajian mengenai relevansi antara pembelajaran dan pekerjaan lulusan Poltekip untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas alumni Poltekip dan poltekim pada masa yang akan datang.

Kegiatan Dilanjutkan dengan pemaparan oleh tim Balitbang yang di damping oleh Plt. Kepala Bidang Hak Asasi Manusia dan Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM. Sekaligus membahas terkait beberapa program baik itu pelatihan, pengajaran dan pengasuhan terutama di kurikulum mata kuliah dan praktek lapangan yang diselenggarakan oleh politeknik ilmu pemasyarakatan kepada taruna baik itu dari tingkat 1-4 sesuai dengan temuan BPK antara lain Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Kedinasan di Poltekip dan Poltekim dinilai Kurang Efektif dan Sarana dan Pra Sarana belum terpenuhi secara Optimal. Kegiatan ditutup dengan pengisian survei dan sesi tanya jawab terkait dengan survei yang telah diisi oleh taruna/taruni lulusan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Kegiatan ditutup oleh tim analis dari Balitbangkumham.

1212121212121212121212
(Humas Kemenkumham Lampung/MYxOD)


Cetak   E-mail