Lakukan Koordinasi Terkait Kerjasama Kekayaan Intelektual dan Pendampingan Invetarisasi Kawasan Karya Cipta, Kemenkumham Lampung Sambangi Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus

1

LAMPUNG_INFO – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan inventarisasi tentang Kekayaan Intelektual, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia lakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Peswaran, Pringsewu dan Tanggamus. Rabu-Kamis, (03-04/05/2023) Kegiatan diawali dengan Koordinasi terkait Kerjasama dalam bidang Kekayaan Intelektual pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pesawaran.Tim Kanwil Kemenkumham Lampung diterima langsung oleh Perancang Peraturan Perundang-Undangan Haikal Afrizal Tim Kanwil Kemenkumham Lampung menjelaskan pentingnya Kerjasama dalam bidang kekayaan intelektual yang erat kaitanya dengan HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) sebagai perlindungan hukum terhadap pencipta dan karya ciptaannya, sebagai bentuk antisipasi pelanggaran atas HaKI milik orang lain serta meningkatkan kompetisi dan memperluas pangsa pasar dalam ekonomi kreatif. Dari hasil koordinasi tersebut, Tim Kanwil Kemenkumham Lampung menyerahkan draf MoU sebagai langkah awal kerjasama antara Kanwil Kemenkumham Lampung dengan Pemkab Pesawaran. Pihak Pemkab apresiasi maksud dan tujuan kedatangan tim dari Kanwil Kemenkumaham Lampung terkait dengan kekayaan intelektual dimaksud.

Kegiatan dilanjutkan dengan Koordinasi terkait Kawasan Karya Cipta pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran Razak dan Kepala Bidang Perdagangan Dania, Kegiatan terkait inventarisasi pada Kabupaten Pesawaran memperoleh data kawasan yg bisa di jadikan kawasan karya cipta yaitu kampung Madani di negeri Katon dan kampung sulam jelujur di sungai langkat kab pesawaran. Tim melanjutkan survey lokasi terhadap kawasan yang akan di usulkan menjadi kawasan karya cipta, yaitu kampung Madani di kabupaten pesawaran. Diterima oleh pengelola kampung Madani redawati, kampung Madani adalah kawasan pengrajin tapis. Kawasan tersebut melakukan edukasi penjualan tapis yg ada di Kabupaten Pesawaran dengan jumlah anggota kampung Madani mencapai 100 org pengrajin tapis.

Tim Kanwil Kemenkumham Lampung melajutkan kegiatan koordinasi terkait Kerjasama dalam bidang Kekayaan Intelektual pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu yang diterima oleh Kabag Hukum Putra Aditya Gumilang dengan menyerahkan draf MoU dan dilanjutkan pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Tanggamus yang diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti terkait inventarisasi Kawasan Karya Cipta yang ada Pada Kabupaten Tanggamus.

 

WhatsApp Image 2023 05 05 at 13.41.29 1WhatsApp Image 2023 05 05 at 13.41.29 1WhatsApp Image 2023 05 05 at 13.41.29 1WhatsApp Image 2023 05 05 at 13.41.29 1WhatsApp Image 2023 05 05 at 13.41.29 1WhatsApp Image 2023 05 05 at 13.41.29 1


Cetak   E-mail