Ulas Bisnis Dan HAM, Kanwil Lampung Hadiri Rakor Pengendalian Capaian Kinerja Kemenkumham Tahun 2023

cover

JAKARTA - Bertempat di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung mengikuti arahan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Dhahana Putra dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja tahun 2023. Selasa, (12/12/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Kakanwil Sorta Delima Lumban Tobing, Kadivmin M.Ikmal Idrus, Kadivim Tato Juliadin H, Kadivpas RB Danang Yudiawan, Kadiv Yankumham Agvirta Armilia Sativa, Kasubbag Program & Pelaporan Gunawan Ali beserta jajaran.

Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Dhahana Putra dalam sambutannya menyampaikan kepada para hadirin tentang pembentukan gugus tugas daerah dalam Bisnis dan HAM dan Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di daerah.

Dirjen HAM memaparkan bahwa Tim gugus tugas didaerah mempunyai tiga fungsi utama yaitu mengkoordinasikan dan menyelamatkan pelaksanaan Bisnis HAM, melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Bisnis HAM dan melaporkan hasil pelaksanaan Bisnis HAM kepada Gugus Tugas Nasional.

Dirjen HAM Dhahana Putra juga menyoroti prinsip hak asasi manusia dalam kegiatan usaha, menyatakan, “Hak dan kewajiban ini harus betul-betul diperhatikan sebagai wujud implementasi bisnis dan HAM”, ungkap Dirjen HAM.

Pentingnya peran pelaku usaha dalam pertumbuhan ekonomi negara menjadi sorotan utama. Mereka tidak hanya menciptakan lapangan kerja baru, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kondisi kerja, taraf hidup masyarakat, dan pengurangan kemiskinan.

Dalam konteks ini, Direktur Jenderal HAM menegaskan bahwa kegiatan usaha harus mematuhi prinsip-prinsip hak asasi manusia. Poin-poin seperti pengaturan upah, jam kerja, dan hak-hak pekerja harus dijamin dan dilindungi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rapat ini mencerminkan komitmen Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung untuk memastikan bahwa pembangunan ekonomi daerah berjalan sejalan dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

88888888


Cetak   E-mail