Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Notaris, PAW MPD dan PPNS, Kakanwil Sorta: Jaga Kualitas Layanan Kepada Masyrakat

1

LAMPUNG_INFO – Bertempat di Ballroom Emersia Hotel, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Notaris Di Wilayah Provinsi Lampung, Pengganti Antar Waktu Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Kabupaten Lampung Selatan dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Mesuji. Kamis, (19/10/2023).

Adapun Notaris yang dilantik pada hari ini berjumlah 56 Orang, Pengganti Antar Waktu Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Kabupaten Lampung Selatan a.n. Dr. Baharudin, M.H., dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Mesuji a.n. Alfir Daus Satria Agung, S.Pd.I.

Pelantikan ini merupakan langkah awal dan legalitas mereka dalam menjalankan tugas jabatan baik sebagai Notaris, MPDN atau PPNS.

Dalam sambutannya Sorta mengingatkan bahwa yang dilantik hari ini merupakan bagian dari representasi 3 hadirnya negara dalam memberikan pelayanan di bidang kenotariatan atau PPNS.

Sorta juga berharap dengan adanya pelantikan ini, akan tetap terjaga efektifitas dan kualitas pelayanan, perlindungan hukum, kepastian hukum, rasa keadilan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Laksanakan tugas jabatan Saudara dengan tetap mengacu ketentuan peraturan perundang-undangan terutama Undang-Undang tentang Jabatan Notaris. Bekerjalah secara profesional, bertindak jujur, saksama, mandiri, tidak berpihak, dan menjaga kepentingan pihak yang terkait dalam perbuatan hukum; dan tidak melakukan pekerjaan lain yang bertentangan dengan norma agama, kesusilaan, atau kepatutan yang dapat mempengaruhi kehormatan dan martabat jabatan Notaris.” Pesan Sorta kepada Notaris yang baru di lantik.

Kepada Pengganti Antar Waktu Anggota MPDN Kabupaten Lampung Selatan, Sorta juga berpesan/mengingatkan bahwa Tujuan utama pengawasan untuk melindungi kepentingan masyarakat yang menggunakan jasa Notaris dari tindakan Notaris yang tidak melaksanakan jabatannya dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menutup sambutannya Kakanwil Sorta berpesan kepada PPNS yang baru dilantik dan Ucapan selamat kepada Notaris, MPD dan PPNS yang baru dilantik.

“Saudara harus benar-benar berkomitmen untuk melaksanakan tugas dengan sebaikbaiknya serta menunjukkan eksistensi sebagai penegak peraturan perundang-undangan.” Tutup Sorta.

16161616161616161616161616161616

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG / GSxMYxODY)


Cetak   E-mail