Semarak Pertemuan Tahunan Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) ke-61

WhatsApp Image 2023 09 28 at 10.57.59

Pertemuan Tahunan Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) ke-61 di Bali merupakan sebuah acara internasional yang akan diselenggarakan oleh Indonesia pada tanggal 16-20 Oktober 2023.

Acara ini akan membahas berbagai isu hukum yang relevan bagi negara-negara Asia dan Afrika, seperti hukum laut, hukum lingkungan, hukum hak asasi manusia, dan hukum perdagangan internasional.

AALCO adalah sebuah organisasi antarpemerintah yang didirikan pada tahun 1956 untuk meningkatkan kerjasama dan pertukaran pandangan mengenai isu-isu hukum yang menjadi kepentingan bersama antara negara-negara Asia dan Afrika. AALCO berdiri pada tahun 1956 yang merupakan salah satu hasil penting dari Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung.

KAA adalah gagasan dari Bapak Bangsa, Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Gagasan Soekarno tentang gerakan kemerdekaan, dan ide persatuan di seluruh Asia dan Afrika tidak muncul begitu saja. Sejak tahun 1930-an persoalan tersebut disuarakan dalam berbagai forum diskusi. Seluruh semangatnya itu kemudian dituangkan dalam Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 di Bandung.

Saat ini AALCO memiliki 47 negara anggota yang terdiri dari negara-negara besar dari Asia dan Afrika. Beberapa negara anggota AALCO antara lain adalah Indonesia, India, China, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Arab Saudi, Mesir, Iran, Irak, Kuwait, Maroko, Nigeria, Pakistan, dan Afrika Selatan.


Cetak   E-mail