Tingkatkan Program Layanan Pewarganegaraan, Kadivyankum Dr. Alpius Sarumaha Lakukan Koordinasi Dengan Direktur Tata Negara Direktorat Jendral Administasi Hukum Umum

cover

Jakarta - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung pada Sub Bidang Administrasi Hukum Umum melalukan Koordinasi Terkait Pewarganegaraan. Jum'at, (01/09/2023).

Tim Kanwil Kemenkumham Lampung, yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha, SH.MH beserta 5 (lima) orang pelaksana lainnya berkunjung ke Direktorat Tata Negara Direktorat Jendral Administrasi Hukum Umum.

Kedatangan Tim Kanwil Kemenkumham Lampung di sambut secara langsung oleh Direktur Tata Negara Dr. Baroto, S.H., M.H dan Sub Koordinator Analisis dan Pertimbangan Pewarganegaraan Nurul Istiqomah Condrokirono, SH.M.Si terkait layanan permohonan pewarganegaraan.

Dalam pertemuan tersebut dibahas terkait berbagai permasalahan kewarganegaraan yang terjadi dalam pelayanan seperti contohnya pengurusan affidavit anak dari hasil nikah kontrak antara seorang Warga Negara Indonesia dan Orang Asing. Pada kesempatan ini, Tim Ditjen AHU dan Kanwil Lampung, berdiskusi terkait permasalahan kewarganegaraan yang terjadi guna menemukan langkah-langkah yang tepat sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Kemudian Tim Ditjen AHU memaparkan Aplikasi Sistem Administrasi Kewarganegaraan Elektronik atau SAKE. Melalui SAKE, masyarakat dapat mengajukan permohonan terkait persoalan kewarganegaraan secara elektronik.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG/Kontributor:RIKA)

4444


Cetak   E-mail