Tekankan Penerapan Core Values ASN PASTI dan BerAKHLAK, Kakanwil Sorta Beri Penguatan Tusi Pegawai Angkatan 2017 – 2022

 20230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 136

Bandar Lampung – Dalam rangka Penguatan Tugas dan Fungsi Pegawai Pemasyarakatan dan Keimigrasian Angkatan Tahun 2017 – 2022, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing tekankan penerapan Core Values PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif) dan BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah.

Kegiatan Penguatan Tusi yang digelar di Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung ini juga di hadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, M. Ikmal Idrus; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr. Farid Junaedi; Kepala Bagian Umum, Denial Arif dan Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung, Porman Siregar.

Sebagai pembuka Porman melaporkan jumlah peserta yang terdiri dari pegawai Kantor Wilayah, Lapas Kelas I Bandar Lampung, Lapas Kelas IIA Narkotika, Lapas Perempuan, Rutan, Rupbasan, Bapas dan Kanim Bandar Lampung. Porman juga berpesan kepada peserta/pegawai untuk mengambil dan menangkap pesan yang akan disampaikan oleh kepala kantor wilayah sehingga dapat diterapkan dalam tugas sehari-hari.

Sorta dalam penguatannya memberikan gambaran penting penerapan Core Values dimana dalam kepribadian setiap pegawai harusnya tercermin Core Values PASTI dan BerAKHLAK. Sorta juga mengingatkan bahwa sebagai pegawai kita semua harus Profesional dan AKuntabel.

“Kita kerjakan apa yang sudah jadi tugas dan fungsi kita, lalu kita terima sesuai dengan kinerja yang kita berikan. Yang bahaya dan tidak boleh dilakukan adalah sudah menerima hak berupa gaji sesuai kinerja tapi melakukan pungutan liar, korupsi, dll. Itu adalah hal yang tidak akuntabel / diluar Core Values.” Pesan Sorta kepada pegawai.

Sinergi juga salah satu point yang di sampaikan Kakanwil, Sorta menjelaskan bahwa sebagai ASN kita wajib untuk membuka diri bersinergi tidak hanya dengan teman satu ruangan melainkan rekan kerja yang bahkan berbeda bagian. Hal tersebut untuk membuka wawasan serta mempermudah diri kita dalam menyelesaikan pekerjaan serta permasalahan yang dihadapi dikantor.

Sebagai penutup Sorta juga mengajak seluruh pegawai untuk berinovasi terhadap masalah yang ada disatuan kerja masing-masing, bentuk inovasi itu sendiri bisa dalam digital maupun hal-hal yang dapat membuat aturan itu konsisten diterapkan.

Selanjutnya penguatan juga dilakukan oleh Kepala Divisi Administrasi, M. Ikmal Idrus dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr. Farid Junaedi. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG / ODY)

20230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 13620230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 13620230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 13620230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 13620230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 13620230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 13620230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 13620230728 KAKANWIL KUAT TUSI PAS IM 136


Cetak   E-mail