Semangat Gelorakan Kemenkumham Bangga Produk Dalam Negeri, Tim Setwil UKPBJ Kanwil Lampung Semakin Intens Dampingi Pelaku Usaha Mendaftar di E-Katalog Sektoral Kemenkumham

WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.51 

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) merupakan program pemerintah yang bertujuan memfasilitasi pengembangan ekosistem usaha mikro, kecil dan koperasi (UMKK) berbasis digital agar bisa lebih maju. Gebrakan besar Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan UMKK melalui berbagai kegiatan, mulai dari kampanye #KitaBelaKitaBeli dan #BanggaBuatanIndonesia. Tujuan dari Gernas BBI ini adalah agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKK lokal. Saat ini, Gernas BBI ini semakin digencarkan bahkan Presiden Republik Indonesia memberikan instruksi kepada seluruh masyarakat untuk mempercepat peningkatan penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan produk UMKK melalui aksi afirmasi penggunaan PDN.

Hal ini pun menjadi atensi yang serius bagi Kementerian Hukum dan HAM. Sebagai bentuk aksi responsif, Kementerian Hukum dan HAM meningkatkan transaksi PDN pada UMKK melalui E-Katalog Sektoral Kementerian Hukum dan HAM. Sampai saat ini, Kementerian Hukum dan HAM telah membuka 11 (sebelas) etalase E-Katalog Sektoral, yang terdiri dari:

  1. Elektronik Perkantoran dan Peralatan Pendukungnya
  2. Jasa Akomodasi dan Paket Meeting
  3. Jasa Event Organizer
  4. Keperluan Sehari-Hari Perkantoran
  5. Makanan dan Minuman
  6. Makanan Tambahan Bagi Tahanan, Anak dan Narapidana
  7. Pakaian Dinas
  8. Pakaian Dinas Taruna/Taruni
  9. Sandang Tahanan/Narapidana/Anak
  10. Sarana dan Prasarana UPT Pemasyarakatan
  11. Souvenir/Seminar Kit/ Perlengkapan Panitia/Peserta Kegiatan

Sebagai aksi jemput bola dan komitmen yang tinggi, Sekertariat Wilayah UKPBJ Kanwil Kemenkumham Lampung menyelenggarakan konsultasi seputar layanan pengadaan barang/jasa pemerintah serta layanan pendampingan dan pendaftaran e-katalog sektoral bagi UMKK Lampung di Hall Mall Boemi Kedaton (MBK), Jalan Teuku Umar Nomor 1, Kedaton, Bandar Lampung. Layanan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu sejak tanggal 25 Juli sampai dengan 27 Juli 2023 yang dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

"Kegiatan pendaftaran ini telah kami buka sejak tanggal 25 Juli dan akan ditutup pada tanggal 27 Juli nanti. Namun, kami masih membuka kesempatan lebar untuk para UMKK yang ingin mendaftar diluar tanggal itu, yaitu untuk datang langsung ke Sekretariat Wilayah UKPBJ Lampung. Akan kami dampingi dengan sepenuh hati. Kami juga akan selalu memproritaskan para UMKK lokal khususnya UMKK Lampung" ujar Retno Kusuma Dewi, Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Pertama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung. (26/7)

Pelaksanaan kegiatan ini telah berjalan dengan lancar. Respon positif pun didapat dari masyarakat terutama UMKK. “Kami sangat terbantu dengan kegiatan ini, kalau dulu pembelian dilakukan dengan cara konvensional, dengan e-katalog kami dapat melakukan prosesnya dari mana saja sehingga lebih efektif dan efisien. Kami sangat berterima kasih telah didampingi dan dibantu untuk mendaftar e-katalog. Semoga sinergi UMKK dan pemerintahan semakin kuat dan terjaga.”, ujar Kukuh salah seorang pelaku UMKK Lampung.

Kegiatan ini memiliki manfaat bagi pemulihan ekonomi di Indonesia dan semakin menggelorakan semangat bangga menggunakan produk dalam negeri terutama di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Tidak ada negara lain yang akan memprioritaskan produk Indonesia selain bangsa kita sendiri. Kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia. Uang rakyat untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia sebagaimana amanat UUD 1945 dan cita-cita pendiri bangsa.

Contributor : Tim Setwil UKPBJ Kemenkumham Lampung

WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.52WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.52WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.52WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.52WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.52WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.52WhatsApp Image 2023 07 27 at 12.21.52


Cetak   E-mail