Kanwil Kemenkumham Lampung Laksanakan Pembaharuan Data Notaris dan Identifikasi Status Notaris Pada Pengda INI Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji

1

Menggala (26/06): Dalam rangka pemenuhan target kinerja, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung melaksanakan Pengecekan data Notaris antara database Ditjen AHU, Kantor Wilayah & Pengurus Wilayah/ Pengurus Daerah terkait jumlah Notaris. Bertempat di Kantor Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji Hari Senin Tanggal 26 Juni 2023 telah dilaksanakan koordinasi dengan tujuan guna pembaharuan data notaris dan identifikasi status notaris yang meliputi Notaris aktif, tidak aktif, meninggal dunia & pensiun dengan target 50% dari jumlah notaris di Wilayah Lampung. Hadir selaku Ketua Tim Dr. Alpius Sarumaha, S.H.,M.H dengan didampiingi oleh jajaran yang dijamu langsung oleh Ketua Pengurus Daerah INI Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji Rudianto Ramelan S.H., M.Kn., M.H. yang juga didampingi oleh Sekretaris Peengurus Daerah INI Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji Abdurozak Haris, S.H., M.Kn.

Singkronisasi data ini dilakukan dalam rangka penyamaan arsip data notaris yang dirasa selama ini masing-masing pengampu baik pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kantor Wilayah dan Pengda INI tidak memiliki satu data valid mengenai status Notaris.” pungkas Dr. Alpius. Hasil inventarisasi dan identifikasi data ini akan ditindaklanjuti baik melalui pemblokiran akun bagi Notaris yang tidak aktif dan Penunjukan Pemegang Protokol bagi Notaris yang pindah, pensiun atau meninggal dunia.

Kedepan diharapkan baik Kanwil dan Pengda dapat lebih intens lagi dalam berkomunikasi dan koordinasi dalam hal pendataan Notaris dan pembinaan serta pengawasan Notaris,”tutup Dr.Alpius.

33


Cetak   E-mail