Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme melalui Pemanfaatan Jasa Notaris, Kanwil Lampung Ikuti Diskusi Panel Rakor MPN dan MKN Tahun 2023

1

Jakarta – Melanjutkan kegiatan Rapat Koordinasi Majelis Pengawas Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris Tahun 2023 dengan tema “Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme melalui Pemanfaatan Jasa Notaris”, Kamis (04/05/2023), dimana pada Rabu (03/05), telah dilaksanakan beberapa rangkaian antara lain pembukaan, pelantikan Pergantian Antar Waktu Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode 2021-2024 dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Periode 2022-2025 di Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran.

Dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Kepala Kantor Wilayah, Sorta Delima Lumban Tobing secara resmi telah dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menjadi Anggota PAW MKN Wilayah Lampung. Turut hadir mengikuti rangkaian kegiatan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Yulinar Tresia, Kepala Sub Bidang Pelayanan AHU, Masriakromi, Wakil Ketua MPW Notaris Prov. Lampung, Reza Berawi, dan Sekretaris MKN Wilayah Lampung, I Made Agus Dwiana.

Selanjutnya Rangkaian Kegiatan dilaksanakan dengan Diskusi Panel dengan narasumber Majelis Pengawas Pusat Notaris terkait Peran Majelis Pengawas Notaris Dalam Penerapan dan Pengawasan PMPJ, Majelis Kehormatan Notaris Pusat terkait dengan Mekanisme Pemeriksaan MKN terhadap Pemanggilan Notaris oleh Aparat Penegak Hukum, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait Tipologi dan Modus TPPT yang Berkaitn dengan Pelaksanaan Jabatan Notaris, Densus 88 terkait Investigasi Kasus TPPT (Studi Kasus), Kejaksaan Agung terkait Penuntutan perkara TPPT (best practices), PPATK terkait dengan Internalisasi SRA dan NRA Notaris dalam mitigasi risiko pengguna Jasa Notaris dalam penerapan PMPJ serta indentigikasi pelaporan transaksi keuangan mencurigakan dan perlindungan hukum bagi notaris. Ditutup dengan narasumber terakhir, Direktur Perdata, Santun Maspari Siregar terkait Peran Kantor Wilayah Kemenkumham dan LPP Notaris dalam mendukung Indonesia menjadi Anggota FATF dan Beneficial Ownership.

66666
(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG/ Kont: Hugo/Ismela)


Cetak   E-mail