Dilantik MENKUMHAM, Kakanwil Kemenkumham Lampung Resmi Menjabat Sebagai Anggota PAW MKNW

1

Jakarta – Rabu (03/05/2023) Bertempat di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly secara resmi melantik Pengganti Antar Waktu (PAW) Majelis Pengawas Wilayah Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris (MKNW) se-Indonesia.

Sebanyak 31 orang peserta dilantik sebagai Anggota PAW MKNW periode 2022-2025 dan Anggota MPWN periode 2021-2024. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Sorta Delima Lumban Tobing menjadi salah satu dari Anggota PAW MKN yang dilantik, sehingga kedepannya secara ex-officio, Sorta akan menjadi Ketua Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Lampung. Pada dasarnya Majelis Kehormatan Notaris adalah sebuah badan yang mempunyai kewenangan dan kewajiban memberikan persetujuan atau penolakan untuk kepentingan penyidik dan proses peradilan, atas pengambilan fotokopi minuta akta dan pemanggilan notaris untuk hadir dalam pemeriksaan yang berkaitan dengan Akta atau Protokol Notaris yang berada dalam penyimpanan Notaris.

Dalam penyampaian sambutan di Acara pelantikan, Yasonna menyampaikan agar Majelis Kehormatan Notaris dapat bekerja secara profesional, jujur, tegas dan responsif terutama dalam memenuhi permintaan pengembalian akta dan pemanggilan notaris terkait akta yang berada di dalam penyimpanannya oleh Aparat Penegak Hukum (APH).
"Saya juga meminta untuk Majelis Pengawas Notaris mengambil peran pengawasan dengan maksimal" tegas yassona
"Dalam rekomendasi FATF, Notaris menjadi garda terdepan untuk mencegah TPPU dan TPPT, sehingga menjadikan peran strategis notaris dengan masyarakat hubungan keperdataan"

101010101010101010
(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG/Kont: CHS)


Cetak   E-mail