Tim Satops Patnal Divisi Pemasyarakatan Lampung Gelar Razia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas llB Gunung Sugih

1

LAMPUNG_INFO - Tim satops patnal Divisi pemasyarakatan lampung gelar Razia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Gunung Sugih menindaklanjuti instruksi Kepala Divisi Pemasyarakatan guna mencegah gangguan kemanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Gunung Sugih. Sabtu, (29/04/2023).

Dipimpin oleh Kabid Pembinaan (Bambang Ludiro) dan didampingi Rudi Suwartono selaku Kasubid Yantah Keshab,razia ini digelar demi mewujudkan pemasyarakatan yang bebas dan bersih dari peredaran handphone,pungli,dan dari peredaran narkotika (Halinar).

Disambut baik dan didampingi Langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Gunung Sugih (Suprihadi ), Petugas melakukan razia dengan cara sweping satu persatu hunian WBP pada pukul 10.30 WIB sampai dengan selesai.

Razia ini digelar dalam rangka pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib). Terkhusus Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Gunung Sugih.Penggeledahan meliputi badan, barang, dan kamar. Untuk narkoba ,dan handphone nihil tidak ditemukan didalam lapas.

Dalam pelaksanaan razia, Tim Satgas Kamtib Divisi Pas juga menanyakan kepada setiap WBP yang ada di dalam Rutan Apakah ada pungli dan narkoba di dalam Rutan,dan para WBP pun mengatakan tidak ada pungli,handphone ataupun narkoba didalam rutan.

Selanjutnya petugas beserta tim dari Divisi Pemasyarakatan menyisir satu persatu kamar WBP di blok hunian.Saat itu petugas juga menemukan beberapa barang yang dilarang masuk ke dalam kamar WBP seperti: sendok stenlis,botol parfum kaca,pisau buah,gunting ,paku,cermin,kayu dan alat cukur jenggot.

Kabid Pembinaan mengungkapkan bahwa masih ada benda terlarang yang masuk adalah sebagian besar dari para WBP yang bekerja di pelatihan keterampilan (Bimker) hal itu tetap saja tidak dibenarkan karena benda-benda seperti gunting,pisau,kayu,dan tang ini dapat saja membahayakan bagi para WBP lainnya.Diharapkan para petugas agar lebih ketat lagi dalam mengawasi kegiatan para WBP didalam,dan agar seluruh petugas dapat memahami,mengetahui kondisi para WBP yang didalam,untuk mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan didalam Lapas Gunung Sugih ini.

selanjutnya para WBP pun juga ditanya satu persatu apakah ada pungli,handphone,dan peredaran narkoba di dalam dan jika ada hal-hal atau pelayanan yang kurang baik di dalam Lapas Agar jangan sungkan melapor.para WBP pun mengatakan bahwa tidak ada pungli dan narkoba didalam lapas.

Program Salam Pemasyarakatan yang diusung oleh Kadivpas pun diharapkan dijalankan dengan baik dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh sehingga para petugas dapat mengumpulkan data apa saja yang diperlukan dalam Deteksi dini,sehingga kita dapat meminimalisir segala permasalahan yang akan terjadi,dalam program salam pas pun kita juga dapat memberikan solusi dan mendengarkan keluh kesah para WBP didalam.

Kadivpas pun berharap para petugas sekalian dapat memahami betul bagaimana keadaan kondisi yg ada di dalam lapas maupun rutan dan berpesan agar selalu menjagaIntegritas dalam bertugas,dan selalu taati peraturan yang berlaku sesuai SOP, terimakasih atas kerjasamanya dalam kegiatan ini,semoga selalu terjalin kerjasama kita dalam bertugas demi wujudkan Pemasyarakatan yang Bersih dari HALINAR.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG Cont. DAMAR)

99999999


Cetak   E-mail