Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan “Pemanfaatan Teknologi informasi dalam Pemutakhiran Data Pemilih untuk PEMILU Tahun 2024 di Lapas dan Rutan”

1

LAMPUNG_INFO- Selasa (28/02/2023) Bertempat di Aula Hotel Sunset Beach Pesisir Barat, Dilakuan Kegiatan Rapat kerja Teknis  (RAKERNIS) Pemayarakatan. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr. Farid Junaedi; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha; Seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Lampung. Turut hadir pula tamu undangan Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh serta Kabid Fasilitas Pencatatan Sipil Provinsi Lampung, Romi Hendri dan tamu undangan lain.

Dalam laporannya Kepala Divisi Pemasyarkatan, Dr. Farid Junaedi; Menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan rakernis ini ialah Pemenuhan Target Kinerja Kementerian Hukum dan HAM RI Tahun 2023, bahwa dalam rangka terpenuhinya data pemilih untuk PEMILU 2024 pada Lapas/Rutan Seluruh Indonesia; Melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan, dan pengendalian (Bintorwasdal) terhadap pelaksanaan penginputan data narapidana dan tahanan pada Aplikasi SDP; Melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Provinsi/Kabupaten/Kota, guna pemutakhiran serta validasi data NIK narapidana dan tahanan;

Kakanwil, Dr. Sorta dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, menyampaikan dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan percepatan perekaman, pemutakhiran data dan validasi nomor induk kependudukan (NIK) bagi warga binaan pemasyarakatan di Lapas/ Rutan dan LPKA. Sehingga pemenuhan target kinerja Kementrian Hukum dan HAM Lampung dalam pemutakhiran data pemilihan untuk PEMILU 2024 di Lapas/ Rutan dapat terpenuhi dan terlaksana dengan baik. Dengan kegiatan pemanfataan teknologi informasi saya menghimbau kepada seluruh jajaran untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam menggunakan sarana teknologi agar dapat membantu meningkatkan kinerja Pemasyarakatan khususnya dalam melakukan pengawasan dan pengendalian keamanan dan ketertiban warga binaan di dalam lapas/ rutan.

Kiranya pada kesepatan yang sangat baik ini kita bisa bersinergi dengan pihak yang menguasai teknologi informasi, mari kita perkaya wawasan kita terkait informasi teknologi dengan para ahlinya, demikian disampaikan Sorta dalam mengakhiri sambutan sekaligus membuka kegiatan Rakernis secara resmi.

Kegiatan Dilanjutkan Dengan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; dengan Disdukcapil Provinsi Lampung dan juga Penandatanganan MOU oleh para Kepala UPT dengan OBH serta Penandatangan Nota Kesepahaman dengan Rutan Kelas IIB Krui.

88888888

(Humas Kemenkumham Lampung/MY)

(Kontributor/Christian)


Cetak   E-mail