Tingkatkan Layanan Pengawasan dan Pengaduan, Inspektorat Jenderal Beri Pendampingan Operator Aplikasi SIMWAS dan SIPIDU Jajaran Kanwil Lampung

IMG 5546 90

LAMPUNG_INFO – Rabu (08/11), Bertempat di Ruang Klinik Akuntabilitas Kinerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan Workshop Administrator Aplikasi Simwas dan Sipidu pada Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung. Tim Inspektorat Jenderal di pimpin oleh Nurmalasari selaku Sub Koordinator Pengelolaan dan Analis Data Hasil Pengawasan II. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan langsung para operator Satuan Kerja se-Bandar Lampung dan operator Satuan Kerja lainnya mengikuti melalui virtual.

Nurmalasari menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada administrator aplikasi SIMWas dan SIPIDU dalam mengelola aplikasi demi maksimalnya manajemen atas hasil pengawasan dan respon atas pengaduan.

Aplikasi SIMWAS Itjen meliputi penginputan tindak lanjut Pengawasan internal dan eksternal serta input Data Hukuman Disiplin.

“Saat ini aplikasi SIMWAS baru diterapkan pada Kantor Wilayah, akan tetapi kedepannya diwacanakan akan diterapkan di Satuan Kerja” ucap Nurmalasari.

Dalam kesempatan ini, dijelaskan bahwa dengan adanya aplikasi SIPIDU ini untuk mempermudah dalam melakukan pengelolaan pengaduan masyarakat, whistle blowing system, dan pelaporan pengendalian gratifikasi. Selan itu diharapkan juga dengan aplikasi ini diharapkan proses untuk mengelola data, termaksud memproses, menyusun, menyimpan data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu.

Dengan adanya pengaduan yang masuk dari berbagai kanal pengaduan, Sipidu ini dimaksudnya untuk melakukan penggabungan data pengaduan yang ada di Inspektorat baik yang diinput secara digital maupun data pengaduan yang diinput secara manual. kedua yaitu mempercepat pengelolaan data pengaduan di Lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek dan simulasi langsung dari penggunaan aplikasi Sipidu dan tutorial Penggunaan Aplikasi SIMWas. Selanjutnya diakhiri dengan sesi tanya jawab

Dalam akhir kegiatan, Tim Itjen memberikan pendampingan langsung untuk aplikasi SIMWAS kepada Operator Kantor Wilayah sekaligus berdiskusi dan bertukar pikiran  terkait  pengelolaan dan penerapan Tindak Lanjut Pengawasan maupun Hukuman disiplin bersama dengan Kepala Sub Bagian Humas, RB, dan TI, Arlisa Noviriantono dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, TU, dan Rumah Tangga, Yulinar Trisia. (Humas Kumham Lampung / RZ)

IMG 5546 90

IMG 5546 90

IMG 5546 90

IMG 5546 90

IMG 5546 90

IMG 5546 90

IMG 5546 90


Cetak   E-mail