Percepatan Tusi Pelayanan Hukum dan HAM di Kab.Mesuji, Kadiv Yankum Audiensi Dengan Pj Bupati Mesuji

1

Bandar Lampung (19/10). Bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Golden Tulip Bandar Lampung, disela kegiatan aktifitas yang padat Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Dr. Alpius Sarumaha S.H M.H didampingi oleh Kepala Subbidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Masriakromi beraudiensi langsung kepada Pj. Bupati Kabupaten Mesuji Drs. Sulpakar, MM. Turut mendampingi hadir langsung Kepala Bapenda Kabupaten Mesuji, Kepala Bappeda Kabupaten Mesuji dan jajaran.

Dalam kesempatan yang penuh kehangatan disampaikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM mengenai tujuan audiensi adalah untuk perekat dan penguat sinergitas dalam pelaksanaan program Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Divisi  Pelayanan Hukum dan HAM bersama dengan Pemerintah Kabupaten Mesuji.

Beberapa Program disampaikan oleh Alpius seperti:
• Rencana kegiatan Penguatan kepada Bagian Hukum Setda Kab Mesuji bersama dengan para OPD, Kecamatan, desa dll
• Dukungan program E Harmonisasi Untuk pemangkasan birokrasi terutama proses percepatan proses Pengharmonisasian Pembulatan dan Pemantapan Konsepsi Rancangan Produk Hukum Daerah.
• Implementasi hasil Rekomendasi pelaksanaan Yankomas terutama yang terjadi di area hukum kab Mesuji
• Penguatan pelaksanana program JDIH
• Penyusunan NA dan Draf Ranperda Pajak Daerah dan Reteibusi Daerah kab Mesuji
• Penguata Desa Sadar Hukum
• Program layanan Administrasi Hukum Umum dan Pelayanan Kekayaan Intelektual.

Sulpakar menyampaikan pada prinsipnya Kabupaten Mesuji siap mendukung seluruh program Kanwil kementerian hukum dan HAM Lampung khususnya Pelayanan Hukum dan HAM yang juga merupakan program pada Pemda Mesuji untuk kemajuan Pembangunan Kab Mesuji dan kesejahteraan Masyarakat Mesuji.

Kami siap segera ambil langkah strategis terkait Program layanan Hukum dan HAM bersama dengan Pemda Mesuji," tutur Alpius. Dan kami pun akan membantu seluruh program yang berkaitan dengan program layanan Hukum dan HAM, kalau perlu jemput bola (jebol). ,"canda Alpius.

Mesuji memiliki potensi luar biasa dan perekonomian masyarakat di Mesuji pun terbilang kuat," ujar Sulfakar. Namun ada kendala akses infrastruktur seperti jalan yang belum terprogram dengan baik, oleh karena itu kami mendorong percepatan pembangunan akses infrastruktur jalan dalam program prioritas skala kebutuhan kami," tambah Sulpakar.

Selain itu terdapat pekerjaan rumah yang besar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui optimalisasi potensi Pajak dan Retribusi Daerah di Kabupaten Mesuji. Kami bersama Kepala Bapenda Kabupaten Mesuji telah melakukan langkah percepatan untuk menyusun Naskah Akademik dan Draf Rancangan Peraturan Daerah tentang PDRD.

Kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan bimbingan untuk mewujudkan visi Kab Mesuji melalui penguatan SDM Hukum dan HAM dan percepatan program pembangunan , " tutup Sulfakar. 444


Cetak   E-mail