Dorong Percepatan Penyusunan Naskah Akademik Tentang Pajak dan Retribusi Daerah, Kanwil Lampung Gelar Rapat FGD Bersama Bapenda Kab. Mesuji

1

Mesuji (27/09), Bertempat di Ruang Rapat Bapenda Kabupaten Mesuji telah diselenggarakan Rapat FGD Penyusunan Naskah Akademik tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Kegiatan dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab Mesuji, Komang; dengan didampingi oleh jajaran Tim Perancang Perundang Undangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung yang dipimpin oleh Kepala Subbidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Masriakromi.
Beberpa perwakilan dari peserta rapat turut hadir yang berasal dari seluruh Perangkat Daerah yang memiliki potensi retribusi di Kab Mesuji.

Topik Rapat kali ini terkait Inventarisasi Potensi jenis Retribusi dan penyampaian permasalahan yang dihadapi Kabupaten Mesuji dalam penarikan retribusi pasca berlakunya Undang Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

"Diharapkan seluruh tahapan penyusunan Naskah Akademik dan Draf Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kabupaten Mesuji dapat diselesaikan paling lambat awal di Bulan Desember, tahun ini " ujar Komang.

"Kepada seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Mesuji terutama yang berkaitan erat dengan kegiatan penarikan retribusi agar menyusun kajian atau dokumen pendalaman potensi di masing-masing sektor dan penghitungan besaran tarif yang akan diatur, hal ini guna memudahkan tim dalam merumuskan hasil kajian kedalam naskah akademik," papar Ali.

Diakhir kegiatan disampaikan bahwa data atau dokumen hasil pengkajian penghitungan potensi dan tarif retribusi disetiap perangkat daerah dapat dikoordinasikan antara perangkat daerah dengan Bapenda Mesuji untuk selanjutnya dapat dituangkan dalam naskah akademik dan Draf Rancangan Peraturan Daerah. WhatsApp Image 2022 09 28 at 16.37.03WhatsApp Image 2022 09 28 at 16.37.03WhatsApp Image 2022 09 28 at 16.37.03WhatsApp Image 2022 09 28 at 16.37.03


Cetak   E-mail