Fasilitasi Ruang Diskusi Terkait Administrasi Parpol, Kakanwil Lampung Buka Kegiatan Diseminasi Layanan Partai Politik

1cover
LAMPUNG_INFO – Bertempat di Hotel Horison Lampung, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung menggelar Diseminasi Layanan Partai Politik, Rabu (07/09/2022). Tujuan dari dilaksanakannya Kegiatan ini adalah sebagai Ruang Diskusi Terkait Administrasi Parpol dan Kebijakan dalam memfasilitasi Parpol (Layanan Parpol).
Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Edi Kurniadi; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dr.Alpius Sarumaha, Plt.Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Hidayatullah Islamy; Kepala Subbidang Kekayaan Intelektual, Adil Jaya Negara, serta hadir 3 narasumber antara lain: Subkoordinator Pendaftaran Badan Hukum Partai Politik Direktorat Tata Negara Ditjen AHU, Rahmiyana; Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung, Erwan Bustami; dan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Poiltik Provinsi Lampung, Heriza Kurniawan.

Diawali penyampaian laporan kegiatan oleh Kadivyankum, Dr. Alpius menyampaikan peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari unsur Partai Politik, unsur Akademisi, serta para Notaris.

Selanjutnya Kegiatan dibuka oleh Kakanwil, Edi Kurniadi dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945, pembentukan Partai Politik sebagai salah satu pilar demokrasi dalam sistem politik Indonesia. Partai Politik sebagai pilar demokrasi perlu ditata dan disempurnakan untuk mewujudkan sistem politik yang demokratis guna mendukung sistem presidensiil yang efektif.

“Juga sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 yaitu masyarakat merdeka dalam berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat. Hak untuk berkumpul ini selanjutnya bisa berupa partai politik. Oleh karena itu Kanwil Kemenkumham Lampung menyelenggarakan Kegiatan Diseminasi Layanan Partai Politik sebagai upaya memberikan pemahaman terkait Administrasi Parpol dan Kebijakan Pemerintah dalam memfasilitasi Partai Politik.” Imbuh Edi.

Menutup sambutannya, Edi Kurniadi membuka secara resmi kegiatan Diseminiasi Layanan Parpol. (HUMAS KEMENKUHAM LAMPUNG / OD)

 

8 8 8 8 8 8 8


Cetak   E-mail