Tingkatkan Belanja Produk Dalam Negeri, Kanwil Kemenkumham Lampung Ikuti BIMTEK Penggunaan Aplikasi Siswas P3DN

1 LAMPUNG_INFO - Sesuai Surat Sekretariat Jendral Nomor: SEK-PB.02.03-328 , Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) penggunaan Aplikasi Siswas P3DN secara Virtual pada Hari Kamis, 2 Juni 2022 di Ruang Klinik Akuntabilitas Kanwil Lampung. Bimbingan Teknis ini dihadari oleh Kepala Divisi Administrasi, Topan Sapuan; Plt. Kepala Bagian Umum Basnamara, Pejabat Pembuat Komitmen serta Jabatan Fungsional Tertentu Pengadaan Barang dan Jasa. sebagai narasumber yaitu Maruf Hidayat dan Dyah Sulistyowati dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat sekaligus Instansi penyelenggara BIMTEK.

Program P3DN secara historis merupakan inisiatif Kementerian Perindustrian yang telah dijalankan sejak beberapa dekade lalu. Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) adalah salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

 

Penggunaan Aplikasi tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden nomor 2 Tahun 2022 tentang tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

 

Dalam sambutannya Maruf Hidayat menyampaikan proses pelaporan melalui Aplikasi SISWAS P3DN dapat diakses melalui http://apip.bpkp.go.id/p3dn/public/login, dimana aplikasi tersebut dapat diakses oleh PPK masing-masing satker. Aplikasi ini mempunyai akses langsung dengan SIRUP masing-masing satker, sehingga secara otomatis PPK masing-masing satker hanya mempunyai akses kepada satker masing-masing” ujarnya.

Selain menjelaskan panduan penggunaan aplikasi, bimbingan teknis ini dilaksanakan juga dengan tujuan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian serta memastikan penyelesaian pengisian aplikasi Siswas P3DN oleh unit-unit Kerja Kemenkumham.

Acara selanjutnya diisi dengan sesi tanya jawab dan ujicoba aplikasi langsung oleh peserta Bimbingan Teknis dari Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG / OD) 66666


Cetak   E-mail