Kanwil Kemenkumham Lampung Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia"

covernew


LAMPUNG_INFO
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Edi Kurniadi beserta Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Lampung Kepala Administrasi Topan Sapuan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Farid Junaedi dan Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Ekoputranto. Turut hadir para Pejabat Administrator & Pejabat Pengawas, serta Jabatan Fungsional Tertentu Madya Kanwil Kemenkumham Lampung mengikuti Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2022 Secara Virtual/Hybrid di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung pada hari Rabu 1 Juni 2022.

Upacara yang berpusat di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur ini Dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi sebagai Inspektur Upacara. Dilansir dari Buku Panduan Peringatan Hari Lahir Pancasila, peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan kegiatan nasional yang didasari oleh keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2022, tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 adalah: "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".

Dikota yang bersejarah ini, Bapak Pendiri Bangsa, Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila lalu disahkan sebagai Dasar Negara oleh PPKI. Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia juga mengingatkan dalam sambutannya untuk selalu menerapkan/mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. "Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh Warga Negara, Pemuda dan Pemudi Indonesia untuk membumikan serta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila." Ucap Jokowi.

"Ini lah Tugas kita, tugas seluruh Komponen Bangsa untuk menjadika Pancasila sebagai Ideologi yang bekerja yang dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat Indonesia. Saat ini Pandemi Covid belum sepenuhnya berakhir, diikuti Krisis Energi dan Pangan. Sebagai pemegang mandaakita mengajak Negara Maju Dunia bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik serta menciptakan Sistem Kesehatan Dunia yang mampu menghadapi krisis di masa depan." Imbuh Jokowi.

Pada kesempatan ini Kakanwil Kemenkumham Lampung juga mengingatkan kepada Pejabat/Pegawai yang mengikuti Upacara di Aula Kanwil untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam melayani masyarakat Khususnya Provinsi Lampung. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG / OD)

 

666666


Cetak   E-mail