Exit Metting Tandai Selesainya Pengawasan Tim Joint Audit Kepatuhan PMPJ Kanwil Kemenkumham Lampung

Salinan dari rakor notaris 7

LAMPUNG_INFO -  (51/5). Selama kurang lebih 4 (empat) hari kerja, Tim Join Audit Kepatuhan Penerapan PMPJ (Penerapan Mengenali Pengguna Jasa Notaris menyelesaikan tugas pengawasnnya. Bertempat di Kantor Wilayah dan Kantor Notaris Nur Hayati, Tim melakukan serangkaian kegiatan mulai dari Pra Audit pada Tanggal 24 Mei 2022, Pelaksanaan Audit (on site) dimulai dari Tanggal 25, 27, 30 dan 31 Mei 2022 hingga diakhiri dengan penyampaian hasil  pengawasan dan Berita Acara Exit Meeting.

Tim yang diketuai oleh Dr.Alpius Sarumaha dengan didampingi oleh Wakil Ketua Rizal Efendi, M. Zuhri dan Rohaini masing-masing sebagai anggota telah melakukan serangkaian kegiatan. Di akhir kegiatan Tim memberikan masukan kepada Notaris bahwa tujuan Join Aaudit ini adalah dalam rangka mengetahui tingkat kepatuhan Notaris dalam melaksanakan kewajiban sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang No. 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU PP TPPU) dan Undang-Undang No. 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme   (UU PPTP/PT) , serta Permenkumham No.19 Tahun 2017 tentang Penerapan Prinsip Mengenai Pengguna Jasa bagi Notaris.

M. Zuhri menegaskan kepada seluruh Notaris tanpa terkecual,  bahwa outcome dari kegiatan Join Audit ini adalah sarana untuk mendorong Notaris untuk menerapkan PMPJ dan kewajiban pelaporan secara efektif dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka mencegah digunakannya Notaris sebagai sarana dan atau sasaran kejahatan pencucian uang, baik  yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung oleh pelaku kejahatan, dengan meminta Notaris untuk melakukan tindakan perbaikan, apabila ditemukan adanya kelemahan dalam penerapan PMPJ dan kewajiban pelaporan. (HUMAS KUMHAM LAMPUNG / RZ)

Salinan dari rakor notaris 7

Salinan dari rakor notaris 7

Salinan dari rakor notaris 7

Salinan dari rakor notaris 7

\Salinan dari rakor notaris 7

Salinan dari rakor notaris 7

Salinan dari rakor notaris 7


Cetak   E-mail