Mengawali Evaluasi di Lingkungan Kanwil Lampung, TPI Apresiasi Sejumlah Inovasi Layanan Lapas Kelas I Bandar Lampung

Cover


LAMPUNG_INFO - Sabtu (28/05/2022) Bertempat di Lapas Kelas I Bandar Lampung, Tim Penilai Internal dari Inspektorat Jendral Kementerian Hukum dan HAM RI melaksanakan kegiatan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung. Kedatangan Rombongan tim TPI yang terdiri dari M Rusli B, Edy Prabowo Saputro, Hendra Anggara Saputra, Hardika Pratama Putra, Fera Arindra Tri Anestya disambut langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung, Maizar.

Sebelum memulai Evaluasi dan memasuki Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung TPI dipertontonkan dengan penampilan dengan yel-yel Pegawai dan Warga Binaan Lapas Kelas I Bandar Lampung.

Ketika kegiata Evaluasi dimulai dan saat berada di Aula Rusli selaku Pengendali Teknis menjelaskan rangkaian kegiatan evaluasi yaitu meliputi Penampilan Yel-yel, Penayangan Video Profil Lapas Kelas I Bandar Lampung, Paparan WBK dan yang terakhir Sesi Tanya Jawab atau Wawancara kepada Masing-masing Pokja/Pegawai.

Maizar selaku ketua Tim ZI memulai kegiatan di sesi pertama dengan memperkenalkan para Ketua dari masing-masing Tim Pokja serta menayangkan beberapa menit video profil Satuan Kerja. Dalam paparannya, Maizar menjelaskan beberapa perubahan pada segi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Inovasi dalam sistem kerja, Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Fasilitas yang tersedia, hingga Budaya-budaya dalam pencegahan/pengendalian Pandemi Covid-19 (seperti cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, mengenakan masker serta vaksinasi). Selain itu Maizar juga menyampaikan perbaikan/perubahan terjadi terkait penerimaan kunjungan, kebersihan dapur hingga pelatihan-pelatihan keterampilan yang diberikan kepada Warga Binaan/WBP.

Sebelum Sesi Wawancara dimulai Rusli mengapresiasi pelayanan publik dan inovasi yang dilakukan di Lapas Kelas I Bandar Lampung telah memakai sistem "Jemput Bola" salah satunya pada subbidang kesehatan, "Perawat yang ada di Lapas Kelas I Bandar Lampung secara berkelanjutan mendatangi area blok Warga Binaan guna pengecekan kesehatan, selain itu sistem berkunjung Video Call sangant membantu keluarg di saat pandemi walaupun tidak diperkenankan menjenguk secara langsung karena situasi pandemi covid-19 namun ada solusi atau alternatif yang diberikan oleh lapas." ungkapnya.

Evaluasi ditutup dengan pengecekan data dukung yang telah di upload oleh TIM ZI Lapas kelas I Bandar Lampung, dan masukan dan saran tentang format data dukung yang kurang lengkap atau belum sempurna. 777777


Cetak   E-mail