Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 Usung Tema “Pemasyarakatan PASTI dan berAKHLAK, Mewujudkan Indonesia Maju.”

1 (LAMPUNG_INFO) 27/04/2022 Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung, Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 dilaksanakan secara virtual,terpusat dan dipimpin Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasona H. Laoly sebagai Inspektur Upacara.  Mengusung Tema “Pemasyarakatan PASTI dan berAKHLAK, Mewujudkan Indonesia Maju” Upacara ini dihadari oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Lampung, Edi Kurniadi  Kepala Divisi Administrasi, Topan Sopuan; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Alpius Sarumaha; Kepala Divisi Keimigrasian, Is Edy Ekoputranto; Ketua PIPAS Lampung, Wiwik Farid Junaedi; Pejabat Struktural dan Pejabat Pengawas serta Anggota PIPAS Lampung dan Pegawai Pemasyarakatan.

Pada Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan kali ini dibacakan sejarah singkat pemasyarakatan oleh Direktur Jendral Pemasyarakatan, Reynhard SP Silitonga; Reynhard mengatakan bahwa seiring dengan berjalannya waktu tuntutan tugas Pemasyarakatan sebagai bagian dari sistem, harus dapat merespon dinamika sosial dengan melakukan perubahan undang-undang Pemasyrakatan yang memiliki perluasan peran dan tanggung jawab dalam memberikan perlakuan terhadap tersangka, terdakwa dan terpidana yaitu perlakuan sejak proses peradilan sampai menjalankan pidana berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperolah kekuatan hukum tetap.

Mentri Hukum dan HAM, Yasona H. Laoly juga menyampaikan di usia yang ke-58 Tahun ini jajaran Pemasyarakatan diharapkan tetap aktif dan produktif. “Tahun ini, Pemasyarakatan memasuki usia 58 tahun. Suatu angka yang menunjukkan tingkat kematangan organisasi. Di usia ini Pemasyarakatan harus lebih “CERMAT” : Cerdas membuat strategi, Evaluasi setiap kondisi dan kejadian, Rasional dalam pengambilan kebijakan, Mitigasi resiko, Akuntabel dan berintegritas, Transparan dan aspiratif melayani”. Kegiatan Upacara yang digelar secara virtual ini menerapkan selalu protocol Kesehatan yang ketat dan menggunakan masker. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG / OD)

22222


Cetak   E-mail