Kanwil Kemenkumham Lampung Ikuti Penutupan Raker Kepegawaian Tahun 2023

1

Jakarta – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung mengikuti Penutupan Rapat Kerja Kepegawaian dalam rangka Peningkatan Kualitas SDM Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2023 pada Jumat (09/06/2023). Bertempat di Grand Mercure Kemayoran, Kepala Kantor Wilayah, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; Kepala Divisi Administrasi, M.Ikmal Idrus; dan Kasubag Kepegawaian, Deni Usmansyah hadir secara langsung mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan juga diikuti secara virtual oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr. Farid Junaedi; dan Kepala Divisi Imigrasi, Teodorus Simarmata.

Sebelum ditutupnya kegiatan, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Eddy O.S. Hiariej memberikan pengarahan bahwa Kemenkumham merupakan Kementerian yang besar dengan jumlah pegawai sekitar 64.000 pegawai. Kemudian Eddy O.S. Hiariej menjelaskan untuk menciptakan good goverment maka diperlukan 3 kata kunci yaitu : Integritas, Transparan dan Akuntabilitas. Jika ketiga kata kunci ini dilaksanakan maka pelayanan dapat dilakukan secara maksimal.

Berbicara peningkatkan kualitas SDM haruslah berkualitas, sehingga dapat bekerja dan berkinerja dengan prima. Berbicara mengenai pengelolaan sumber daya manusia terdapat delapan komponen.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto menyebut delapan komponen tersebut adalah SDM, organisasi, tata kelola, pelayanan publik, pengawasan, akuntabilitas kinerja, deregulasi kebijakan, dan manajemen perubahan.

"Sesuai dengan arahan Menkumhan, berdasarkan arahan Presiden RI untuk melaksanakan pembangunan SDM melalui pembangunan talenta Indonesia, serta reformasi struktural sehingga organisasi semakin sederhana, simpel dan semakin lincah," ucapnya di Hotel Mercure Jakarta, Jumat (09/06/2023).

Ia pun menghimbau agar hasil rapat kerja kepegawaian ini disampaikan kepada seluruh jajaran yaitu pengelolaan kepegawaian berbasis TI, implementasi menajemen talenta melalui pemetaan kompetensi dan potensi, dan menyamakan persepsi, satukan langkah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan SDM.

Menutup arahannya sekaligus menutup kegiatan Rapat Kerja Kepegawaian ini, Sekjen menyebutkan dalam pengelolaan SDM terdapat tiga jurus sakti mandraguna yang meliputi, komitmen moral, usaha dan pencapaian.

"Mari kita laksanakan hasil rapat kerja kepegawaian ini, maknai hasilnya, pahami, dan implementasi serta monitoring dan evaluasi," himbaunya.

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

66666


Cetak   E-mail