Fokus Wujudkan WBK di Tahun 2023, "Kanwil Kemenkumham Lampung Lakukan Studi Tiru ke Kanwil DKI Jakarta"

1

Jakarta - Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah sekurang-kurangnya eselon III yang menyelenggarakan fungsi pelayanan artinya unit terkait sudah berkomitmen dan menjamin layanannya memuaskan dan bersih dari korupsi. Pembangunan Zona Integritas (ZI) dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian, pembangunan ZI menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan. Meraih predikat WBK pada tahun 2023 dari KemenpanRB, membuat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung bertekad untuk tumbuh dan bergerak dalam memberikan pelayanan yang prima. Tak berhenti disitu, Kanwil Kemenkumham Lampung juga ingin terus berperan sebagai pemicu atau sebagai trigger bagi instansi lainnya dalam proses penerapan Zona Integritas WBK/WBBM.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah, Dr.Sorta Delima Lumban Tobing didampingi Kepala Divisi Imigrasi, Teodorus Simarmata; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr. Farid Junaedi; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha dan Seluruh Ketua/Perwakilan masing-masing Tim Pokja ZI melakukan kunjungan ke Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam rangka Study Tiru dalam proses pembangunan ZI menuju WBK yang telah di raih sejak tahun 2020.

Kedatangan Tim ZI Kanwil Kemenkumham Lampung disambut langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil DKI Jakarta, Mutia Farida; Kepala Program dan Humas selaku Sekretaris ZI, Sardi dan seluruh jajaran Tim Pokja Kanwil Kemenkumham DKI.

Kegiatan dimulai dengan melihat kondisi Sarana prasarana pada Kanwil DKI seperti Ruang Pelayanan, Tata Cara dan SOP dalam pelayanan, Meja Kompensasi, Inovasi dalam bentuk SOP maupun Aplikasi, Ruang Perpustakaan, Fasilitas bagi Disabilitas (Jalur Prioritas), Duta Pelayanan, dll yang dilanjutkan dengan sambutan Kakanwil Sorta serta Kadivmin Kanwil DKI selaku Ketua ZI di Aula Kanwil.

4 24 24 2

Dalam sambutannya, Mutia menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih untuk mempercayai Kanwil DKI Jakarta dalam kegiatan studi tiru Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.Mutia berharap dalam kegiatan Studi Tiru ini agar Tim ZI Kanwil Kemenkumham Lampung bisa meninjau langsung berbagai Inovasi dan perubahan baik, dalam menyongsong WBK serta tanya jawab dengan Tim Pokja Kanwil DKI agar dapat mewujudkan pelayanan publik yang memberikan dampak penting kepada masyarakat.

6

Selaras dengan itu Sorta juga menyampaikan bahwa Kanwil Lampung khususnya jajaran Tim Pokja ZI bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam meraih WBK di Tahun 2023. Sorta juga berharap dengan adanya studi tiru ini komunikasi, berbagi wawasan dan transfer Ilmu dari yang sudah berhasil mendapat predikat WBK bisa berjalan baik dan lancar. Pemenuhan data dukung Lembar Kerja Evaluasi ZI juga menjadi perhatian dimana perubahan mungkin saja terjadi dan hal itu merupakan hal biasa yang dapat terjadi di birokrasi yang dinamis. Menutup sambutannya Kakanwil Sorta berharap akan ada komunikasi, Sinergi dan Kolaborasi yang baik antar Kanwil.

7

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab antar Pokja serta pemberian Tips dalam mengatasi hambatan bagi masing-masing Porgram/Inovasi Pokja ZI.

5

131313131313

3

(HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG / ODY)


Cetak   E-mail