Hari ke-2 Pendalaman Materi Perancang Perda dan Perancangan Perda Tahun 2023, Narasumber sampaikan Peranan Media Digital dalam Penyebar Luasan Informasi

 1

Bandar Lampung - Bertempat di Ruang Rapat Legal Drafter Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung mengadakan kegiatan rapat Pendalaman Materi Perancang Peraturan Daerah dan Perancangan Peraturan Daerah Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Hukum, Kepala Sub bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Bagian Hukum Sekretariat Pemerintah Daerah Provinsi lampung, Bagian Hukum Kota,Sekretaris Dewan Kota Bandar Lampung, dan Sekretaris Dewan Provinsi Lampung.

Narasumber pada hari kedua kegiatan rapat Pendalaman Materi Perancang Peraturan Daerah Dan Perancangan Peraturan Daerah Tahun Anggaran 2023 adalah Andi Windah dari Universitas Lampung dengan judul “Mengoptimalkan Potensi Perancang Peraturan Perundang Undangan dalam Penggunaan Media Digital” dan materi mengenai Modul Penggunaan Aplikasi Canva.

Dalam materi yang disampaikan, Andi Windah mengungkapkan bahwa Media Digital merupakan kebutuhan masyarakat pada saat ini di berbagai lini. kemudian, peranan digital media bagi Perancang Peraturan Perundang-Undangan adalah sebagai berikut, yaitu : Pengembangan Peraturan yang Lebih Efisien, Akses Informasi yang Lebih Luas, Meningkatkan Komunikasi dan Partisipasi Publik, Penyimpanan dan Pengelolaan Data yang Efisien, Visualisasi Informasi yang Lebih Baik.

Materi dilanjutkan dengan Praktik Membuat Desain Presentasi dengan Canva yang dipandu oleh Diky Lukman dan Khansa Ranbia dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan jurusan Ilmu Komunikasi. Kemudian ibu narasumber memberikan tugas untuk membuat presentasi yang mencerminkan Tugas dan Pekerjaan masing-masing peserta dengan menggunakan aplikasi Canva. Selanjutnya beliau menunjuk dua peserta kegiatan untuk menampilkan hasil presentasinya di depan forum peserta.

Setelah selesai penyampaian materi, kegiatan Pendalaman Materi Perancang Peraturan Daerah Dan Perancangan Peraturan Daerah Tahun Anggaran 2023 ditutup oleh Moderator. (Kontributor Tim Suncang Kanwil Kemenkumham Lampung)

33


Cetak   E-mail