Sinergitas dengan Media, Kanwil Lampung Gelar Media Gathering bersama Jajaran UPT Pemasyarakatan

001

LAMPUNG_INFO – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung melaksanakan Media Gathering bersama dengan seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan. Senin (12/04/2021) Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung, Rekan media yang terdiri dari para awak media cetak, media elektronik, serta media online melakukan sesi diskusi di Ruang Coffee Bar Lapas Rajabasa.

002

Membuka acara, Kepala Kantor Wilayah, Danan Purnomo menyambut para awak media dengan ramah. “Media merupakan mitra kerja bagi kita semua, yang bisa menjadi sarana publikasi kinerja Kementerian Hukum dan HAM di masyarakat” ujar Danan. Danan juga menegaskan bahwa sinergi dengan Media merupakan suatu hal yang dapat membentuk citra yang positif bagi Kementerian Hukum dan HAM. Beberapa informasi terkait dengan kegiatan di Kantor Wilayah, Danan membicarakan tentang MoU yang telah ditandatangani oleh Universitas di Provinsi Lampung dalam urusan Bimbingan Konseling kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di jajaran UPT Pemasyarakatan. Terakhir Danan berpesan agar seluruh UPT Pemasyarakatan terus membangun sinergitas dengan para media di wilayah masing-masing.

003

Dilanjutkan dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Farid Junaedi memberikan beberapa informasi agenda tentang akan diadakannya acara Hari Bhakti Pemasyarakatan di seluruh UPT Pemasyarakatan, yang berupa One Day One Product yang hasilnya nanti akan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak untuk Kementerian Hukum dan HAM Lampung.

004

Selanjutnya, Kepala Lapas Kelas I Bandar Lampung, Maizar menyambut antusias rekan media yang telah hadir serta meminta kritik dan saran kepada media pada sesi diskusi terbuka ini. Antusias rekan media akan diskusi yang dibuka ini terlihat dari beberapa awak media yang mengajukan pertanyaannya. Salah satu pertanyaan yang diajukan Lapas Kelas I Bandar Lampung terkait dengan Persiapan Lapas untuk menyambut Bulan Ramadhan yang kemudian dijawab oleh Maizar tentang pembukaan jam penitipan makanan pada 2-5 Sore hari di Bulan Ramadhan pada Lapas Rajabasa dan telah disiapkan juga bagi WBP yang non-muslim tempat pribadi agar tidak mengganggu umat muslim yang menjalankan puasa.

008

008

Lampung Post menanyakan bagaimana tanggapan Kanwil Lampung tentang over kapasitas yang ada di jajaran Pemasyarakatan dan apa solusi yang telah dibuat. Hal ini mendapat tanggapan dari Kakanwil yang pada dasarnya jumlah Lapas maupun Rutan yang ada di Kabupaten belum ada semua, namun demikian hal utama adalah dengan Regulasi terkait dengan Aparat Penegak Hukum harus lebih bisa bersinergi dan memilih kasus-kasus yang dipidana. Terakhir Danan berpendapat bahwa terkait dengan perencanaan pembangunan UPT Pemasyarakatan untuk sekarang masih terhambat dengan adanya Pandemi Covid-19 yang alokasi dananya masih diprioritaskan untuk kepentingan pencegahan Covid-19.

Beberapa pertanyaan juga diajukan oleh Tribun Lampung, Antara News, Handal News, dan lainnya, yang mendapat tanggapan positif oleh Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi Pemasyarakatan serta Kepala Unit Pelaksana Teknis jajaran Pemasyarakatan yang hadir. Sebelum sesi diskusi Para Kepala UPT Pemasyarakatan yang hadir memperkenalkan diri ke awak media. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG/PA)

010

010

010

010


Cetak   E-mail