Kanwil Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Semester II Tahun 2020

9

LAMPUNG_INFO -- Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Lampung, Danan Purnomo; bersama dengan para Kepala Divisi mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Semester II Tahun 2020 secara virtual. Senin, 23/11/20.

Hadir dalam kegiatan ini sekaligus membuka pelaksanaan koordinasi yaitu Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly. Hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrai (Menpan-RB), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Sekretaris Jenderal dan Inspektur Jenderal Kemenkumham, Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli, Staf Khusus, Penasehat Kehormatan Menteri serta Pimpinan Tinggi Pratama di Unit Utama. Kemudian secara virtual hadir para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah seluruh Indonesia.

Yasonna dalam sambutannya mengapresiasi sejumlah pencapaian yang ditorehkan jajarannya sepanjang tahun 2020, kendati harus menghadapi tekanan akibat pandemi Covid-19. Ia tetap menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk terus berkomitmen pada peningkatan kinerja serta pertanggungjawaban publik.

“Beberapa penghargaan telah kita raih, indeks pelayanan publik semakin membaik, indeks integritas juga semakin bagus, nilai SMART (Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu) dan nilai IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) juga stabil, serta implementasi refomasi birokrasi dan e-gov juga terus meningkat,” kata Yasonna.

Yasonna juga mengingatkan bahwa tahun 2021 merupakan momentum perubahan. Hal ini tak lepas dari restrukturisasi program terkait perencanaan dan penganggaran yang semula 11 program menjadi empat progam, yakni program pembentukan regulasi, program penegakan dan pelayanan hukum, program pemajuan HAM, serta program dukungan manajemen.

"Presiden sebagai pemegang kekuasaan di Indonesia mengharuskan kita bekerja dengan kolaborasi dan sinergi, bukan hanya di dalam Kementerian Hukum dan HAM, tetapi juga di luar Kementerian Hukum dan HAM. Tidak ada lagi sekat ego sektoral, tidak ada lagi pernyataan ‘ini uangku, ini uangmu,’ semua uang milik NKRI, jadi harus dimanfaatkan seluas-luasnya untuk publik atau masyarakat,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan Penandatanganan Janji Kinerja antara Menkumham dengan seluruh Pimpinan Tinggi (Pimti) Madya Kemenkumham dan Pengukuhan Unit Kepatuhan Internal di lingkungan Kemenkumham. "Saya berharap para Pimti Madya berfungsi sebagai Quality Assurance pada unit utama Kemenkumham untuk meningkatkan efektivitas pengendalian internal serta memastikan tugas dan fungsi dilaksanakan sesuai ketentuan dan regulasi," harap Yasonna.

Kemudian, selain memberikan penghargaan kepada sejumlah ASN, unit eselon I, serta kantor wilayah Kemenkumham yang dinilai berprestasi. Yassona juga memberikan apresiasi khusus kepada Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto yang sebentar lagi memasuki masa purna bakti.

“Saya memberikan apresiasi kepada Saudara Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam Sariwanto, yang selama 6 (enam) tahun lebih membantu saya mengurus Kementerian Hukum dan HAM. Sosoknya yang visioner, menginspirasi, dan pekerja keras, yang sampai dengan masa-masa akhir pengabdiannya, Beliau masih terus berkarya,” ucap Yasonna. (HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG)

9

9

9

9

9

9

9

9


Cetak   E-mail