Kegiatan Penyusunan RKBMN Tahun 2022 Pada Kanwil Kemenkumham Lampung T.A 2020 Melalui Virtual Meeting

Lampung_INFO - Kamis (18/06), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung melaksanakan kegiatan penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) Tahun 2022. Kegiatan Penyusunan RK-BMN Kementerian Hukum dan HAM lampung dilaksanakan secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung pada pukul 08.00 WIB s/d selesai. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Biro BMN, Haris Sukamto Kepala Divisi Administrasi, Ida Asep Somara Kepala Bagian Umum, Hadiyanto Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN, Gunawan Ali beserta Staff Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal, Staff Subbagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, dan seluruh Pengelola BMN Unit Pelaksana. 

Kepala Biro Barang Milik Negara, Haris Sukamto membuka jalannya kegiatan sekaligus memberikan arahan mengenai jalannya kegiatan. Dalam kegiatan ini Kepala Biro BMN menyampaikan hal-hal berikut:

  • Penyusunan RK-BMN bertransformasi menjadi digital, walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara daring atau online namun tidak  mengurangi esensi dan keseriusan penyusunan kebutuhan BMN, sehingga dapat memberi kontribusi  dengan kualitas yang lebih baik lagi  sehinggga   tahun   ini   dapat  memberikan   masukan   yang   positif  dalam   dalam membangun organisasi kita.
  • Saat ini pemerintah selalu mengupayakan efesiensi dalam segala hal, tugas kita adalah bagaimana mengawal anggaran yang dialokasikan kepada kita dapat dipertanggungjawabkan   secara   maksimal   dan   akuntabel.   Sehingga   RK-BMN   ini merupakan salah satu upaya dari kita dalam rangka menempatkan rencana penganggaran yang tepat dan efesien.
  • RKBMN diharapkan  dapat menghasilkan RKA-K/L yang berkualitas  agar dapat dipertanggungjawabkan.  Hal ini dapat  memberikan  kontribusi  kepada  penyajian laporan keuangan yang akuntabel serta terhadap opini yang dikeluarkan  oleh BPK.
  • Saat ini banyak  perubahan  kegiatan,  ternyata  saat dilakukan  audit oleh BPK masih bayak dari  kita  yang  belum  melakukan  perubahan  terhadap  RK-BMN, sedangkan  kegiatan  itu sudah berjalan. Untuk itu kita diharapkan  mempunyai  komitmen yang sama dalam rangka menjaga akuntabilitas  pengelolaan anggaran terhadap opini yang dikeluarkan oleh BPK.
  • Diharapkan  mampu  menyusun  RK-BMN  sesuai  dengan  Rencana  Kebutuhan  sehingga menghasilkan RK-BMN yang maksimal.
  • Kegiatan  penyusunan  RK-BMN  tahun  2022  ini diharapkan akan  menghasilkan  RK-BMN yang mampu  memenuhi  kebutuhan, diharapkan data dalam menyusun laporan RK-BMN lebih akurat.

Setelah  pembukaan  dari  Kepala  Biro  BMN  selesai,  dilanjutkan  dengan  acara  Penyusunan  RK-BMN pada tingkat wilayah  yang diikuti oleh seluruh Satuan  Kerja yang berada  di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung. Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Ida Asep Somara menyampaikan beberapa poin terkait penyusunan RK-BMN kepada seluruh Satuan Kerja yang mengikuti kegiatan ini.

"Kepada Seluruh Pengelola BMN untuk Pelajari SBSK, mengidentifikasi barang (layak/tidak  layak pakai),  membuat skala prioritas dalam membuat & merancang RKBMN, pemenuhan BMN dapat dilakukan   melalui transfer barang tidak harus dari melalui pengajuan  RKBMN, dan diharapkan sebelum menyusun RKBMN dilakukan diskusi terlebih dahulu oleh yang berkepentingan sehingga penyusunan RKBMN menghasilkan usulan BMN yang sangat dibutuhkan dan menyajikan data yang akurat" ujar Ida Asep Somara.

Kemudian acara dilaniutkan dengan sesi pendampingan. yang dipandu oleh Staff Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal. Sesi Pendampingan ini dibagi menjadi empat sesi, dimana setiap sesinya terdiri dari 7 (tujuh) Satuan Kerja. Sesi pendampingan berjalan lancar dengan, masing-masing Satuan Kerja dapat menyampaikan kendala atau masalah yang terjadi pada saat penyusunan RK-BMN dan pendamping dapat secara langsung melihat hasil penyusunan RK-BMN Satuan Kerja dan melakukan supervisi. (Humas Kemenkumham Lampung)

1

1

1

1

1

1

1

 


Cetak   E-mail