Direktur Keamanan dan Ketertiban Berikan Penguatan Kepada Jajaran Pemasyarakatan Lampung

Lampung_INFO. Hari ini Kamis (06/02) Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, Tejo Harwanto hadir di Lampung dalam rangka Penguatan Tugas dan Fungsi Pada Jajaran Pemasyarakatan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Nofli, Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi, dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan serta Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas / Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Jajaran Pemasyarakatan Kantor Wilayah kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung tersebut.

Kepala  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Nofli menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu memang terjadi beberapa permasalahan yang perhatian media di Propinsi Lampung seperti keterlibatan pegawai dalam penyalahgunaan narkoba. Nofli menyampaikan sikap tegasnya terhadap pegawai yang terlibat penyalahgunaan narkoba karena hal tersebut telah menjadi komitmen pimpinan Kementerian Hukum dan HAM.

Selanjutnya dalam arahannya Tejo Harwanto menyampaikan kepada Kalapas / Karutan serta KPLP / KPR perihal tanggung jawabnya dalam mendeteksi gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) sejak dini  dan selalu memperhatikan permasalahan-permasalahan yang mencuat seperti peredaran narkoba dan gratifikasai.

Isu gangguan keamanan dan ketertiban yang sering muncul di media antara lain:

  1. Peredaran gelap narkoba
  2. Pelarian
  3. Pungli

Tejo meminta kepada seluruh Kepala UPT Lapas/Rutan untuk melakukan deteksi dini kepada narapidana/tahanan yang memiliki potensi dalam peredaran narkoba. Karena apabila ini terjadi (peredaran narkoba) tentunya akan membuat citra kita menjadi buruk dan stigma-stigma negatif akan terus menempel pada seluruh jajaran pemasyarakatan.

Untuk meningkatkan citra positif antara lain dengan menandingi berita-berita negatif di media dengan membuat berita yang positif seperti membuat kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan citra positif di mata masyarakat. Banyak hal yang bisa dilakukan tergantung inovasi para kepala unit pelaksana teknis, ujar Tejo

Selain itu juga Tejo Harwanto menyampaikan terkait Stabilitas Nasional, ada beberapa hal yang mempengaruhi, yaitu : Pertama, Salah satu program pemerintah 2019-2024 Penegakan Sistem Hukum yang Bebas Korupsi, Bermartabat, dan Terpercaya, Kedua, Salah Satu Program Kementerian Hukum dan HAM: Memastikan Penegakan Hukum yang Mampu Menjadi Pendorong Inovasi dan Kreativitas dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Ketiga, Revitalisasi Pemasyarakatan: Pembinaan WBP yang Produktif (Lapas Produktif), dan yang terakhir Pentingnya Petugas Keamanan Lapas / Rutan: Isu Keamanan salah satu faktor yang penting yang mempengaruhi Ekonomi & Investasi untuk menjadi lebih meningkat.

Kegiatan dilanjutkan dengandiskusi dan tanya jawab yabg dipandu oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi.(Humas Lampung)

 

DSCF0356

DSCF0356

DSCF0356

DSCF0356

DSCF0356

DSCF0356

DSCF0356

 


Cetak   E-mail