Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 74 Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung

Lampung_INFO - Puncak peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM RI ke 74 tahun 2019 Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera Hari Dharma Karyadhika di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung pada hari ini Rabu (30/10). Upacara peringatan HDKD ke 74 Tahun 2019 ini diikuti seluruh pejabat tinggi pratama, pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung serta para pegawai dan Kepala serta pejabat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Bandar Lampung dan dihadiri pula Kepolisian Daerah Lampung, Kejaksaan Tinggi Lampung dan Ombudsman RI Perwakilan Propinsi Lampung. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Nofli bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kemenkumham oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Edi Kurniadi. Upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 74 juga dilaksanakan oleh seluruh Satuan Kerja Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Nofli menyampaikan bahwa dalam era disruption,  kemunculan fenomena   internet of things menjadi  keniscayaan.  Fenomena  ini  harus  disikapi  dengan  cepat melalui akselerasi  reformasi  birokrasi substansial  yang tidak  hanya prosedural semata.

Kecepatan,   akurasi   dan  kecermatan   menjadi  dasar  dalam pelayanan publik dan pengelolaan birokrasi di negeri ini. Keberhasilan transformasi  birokrasi  digital  di  Kementerian  Hukum  dan  HAM ini tergantung   dari   kemampuan  adaptasi  sumber  daya  manusianya. Sumber  Daya Manusia (SDM)  Kementerian  Hukum dan HAM harus mampu mengelola dan mempergunakan fasilitas kemajuan teknologi informasi   dalam   bekerja.   SDM  Kementerian  Hukum dan HAM tidak boleh lagi gagap teknologi, semua harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Kompetensi SDM sangat memengaruhi keberhasilan transformasi birokrasi digital.

Melihat  urgensi  penerapan   birokrasi  digital  ini,  saya  minta seluruh SDM Kementerian Hukum dan HAM segera bertransformasi dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat. Pada kesempatan   ini,   saya   minta   seluruh unit organisasi, di bawah koordinasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM) memberikan  pendidikan dan pelatihan  kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di unitnya masing-masing dengan materi-materi yang up to date, based on IT, dan mampu menjawab   isu-isu strategis.

Lebih lanjut Yasonna menyampaikan dalam sambutannya bahwa lima tahun  ke depan, seluruh SDM Kementerian Hukum dan HAM harus  bekerja  dengan  keras, cepat dan  produktif,  serta lebih mengoptimalkan  penggunaan teknologi informasi di seluruh layanan dan pengelolaan administrasi perkantoran.

Yasonna juga mengucapkan terima kasih untuk kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran  selama tahun 2014-2019 atas pencapaian kinerja dan prestasi kita selama 5 {lima) tahun ini cukup memuaskan dan menggembirakan. Serta mengajak seluruh keluarga  besar  Kementerian  Hukum  dan  HAM agar terus  berdo'a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar setiap jejak langkah kinerja kita semakin nyata dan berdampak luar biasa. Harapan saya, kita semakin solid, semakin adaptif, semakin produktif, semakin inovatif dan kompetitif untuk Kementerian Hukum dan HAM yang PASTI Berkelas Dunia, harap Yasonna menutup sambutannya.

Pada rangkaian upacara diserahkan pula penghargaan kepada pegawai yang telah memasuki masa purna bhakti. Setelah upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 74 Tahun 2019 ini akan dilanjutkan dengan :

  1. Deklarasi Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2020.
  2. Pengukuhan Satuan Tugas Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan.

Dalam penandatanganan Deklarasi Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2020 pihak Polda Lampung yang diwakili oleh Irwasda Polda Lampung, Kombes. Pol Rudy Sumardiyanto, Kejaksaan Tinggi Lampung diwakili oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, D.T Sadono dan Ombudsman RI Perwakilan Propinsi Lampung diwakili oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Propinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf menjadi Saksi dalam penandatanganan Deklarasi Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2020 Satuan Kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung dan 8 Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Imigrasi Se Bandar Lampung.

Dilanjutkan dengan penyematan badge kepada petugas Satuan Tugas Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Nofli didampingi oleh para pimpinan tinggi pratama lainnya.

Peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 74, seluruh pejabat dan pegawai dijajaran Kanwil Kemenkumham Lampung beserta para tamu undangan kemudian melaksanakan acara syukuran secara sederhana dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Nofli yang di serahkan kepada purnawirawan Kepala Kantor Wilayah Lampung, Bambang Haryono dan Kepala Divisi Keimigrasian, Eddy Setiadi. (Humas Kanwil)

 

HDKD 2019 Lampung 1

HDKD Lampung 2019 1

HDKD 2019 Lampung 2

HDKD 2019 Lampung 3

HDKD Lampung 2019 2

HDKD Lampung 2019 3

HDKD 2019 Lampung 4

HDKD Lampung 2019 4

HDKD 2019 Lampung 5

HDKD Lampung 2019 5

HDKD 2019 Lampung 6

HDKD Lampung 2019 6

 

 

Cetak