Sertijab Kakanwil Kemenkumham Lampung Berlangsung Khidmat

Lampung_INFO. Suasana khidmat tampak mewarnai jalannya serah terima jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung pada Senin (26/08) di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung. Serah Terima Jabatan (Sertijab) NOFLI, Bc.IP, S.Sos, SH, M.Si sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung yang baru menggantikan  SEPRIZAL, SH, MH yang sejak 1 Juni 2019 menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung disaksikan langsung oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi, Ir. Razilu.

Acara dimulai dengan tari adat lampung Siger Pengunten sebagai ucapan selamat datang kepada para tamu yang hadir oleh WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, Forkopimda Propinsi Lampung, Kepala Ombudsman Perwakilan Propinsi Lampung, Para Pimpinan Tinggi Pratama, Para Kepala UPT Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung dan Maluku Utara serta tamu undangan lainnya.

Prosesi Serah terima jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung berjalan dengan lancar, dilanjutkan dengan sambutan Plt. Kepala Kantor Wilyah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Seprizal sebagai pejabat lama. Dalam sambutannya Seprizal menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran UPT yang telah bekerjasama selama menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala Kantor Wilayah, tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah propinsi dan kabupaten/kota serta instansi terkait lainnya yang telah banyak membantu pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM khususnya di Propinsi Lampung.Seprizal juga menyampaiak selamat menjalankan tugas di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung yang baru, Nofli dan Kepala Divisi Administrasi , Kantor Wilayah Kementerian  Hukum dan HAM Lampung, Ida Asep Somara.

Dalam sambutannya sebagai Kepala Kantor Wilyah Kementerian Hukum dan HAM Lampung yang baru, Nofli menyampaikan harapannya sebagai pejabat baru bahwa kebijakan pokok dan program kerja yang sudah berjalan dengan baik selama ini tidak boleh berubah meskipun Nahkodanya berganti, saya mohon dukungan dan kerja sama kita semua.

Dalam pembangunan zona integritas , Nofli mengajak seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM lampung untuk mendukung dan berperan aktif mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada masing-masing satuan kerja.

Di era revolusi industri 4.0 yang serba digital ini , tentu saja penguasaan teknologi informasi menjadi hal yang mutlak, termasuk oleh para penyelenggara negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Sistem atau teknologi pelayanan publik kedepannya tak boleh lagi sebatas pertemuan fisik, namun pelayanan bisa dilakukan dari manapun. Penguasaan teknologi dalam sistem pemerintahan ini, memiliki tujuan untuk menciptakan Smart ASN yang searah dengan dinamisasi pemerintahan di era digital ujar Nofli.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Lampung yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim. Dalam sambutannya Chusnunia menyampaikan selamat bergabung dan menjalankan tugas di Propinsi Lampung kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung yang baru, Nofli. Chusnunia berharap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung untuk “Gas Pol” dalam pelaksanaan penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia di Propinsi Lampung. Sehingga akselerasi pembangunan hukum dan HAM khususnya di Propinsi Lampung dapat terwujud, harapnya. Kepada pelaksana tugas Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Lampung, Seprizal, Wakil Gubernur menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan tugasnya selama lebih kurang 3 bulan. Walaupun singkat namun terlihat pembangunan hukum di wilayah Propinsi Lampung telah berjalan dengan baik, terbukti dalam pembinaan warga binaan pemasyarakatan bahwa mereka seperti kita saksikan tadi dapat menari, berkreasi dan berkarya.

Mewakili Menteri Hukum dan HAM RI, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi, Ir. Razilu menyampaikan pesan Menteri Hukum dan HAM untuk memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Agar senantiasa menjaga integritas dalam bertugas dan harus dapat menjadi role model dalam segala aspek. Role model dalam kepribadian, bersikap dan berkinerja sehingga menjadi panutan di lingkungan Saudara bekerja;
  2. Segera lakukan konsolidasi dengan jajaran, untuk merealisasikan kegiatan yang telah direncanakan, sehingga berimplikasi kepada peningkatan kualitas layanan kepada publik. Sekaligus merealisasikan anggaran secara efektif dan efisien.
  3. Beberapa tahun belakangan ini kita telah berkomitmen untuk membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. Hal ini janganlah hanya menjadi ceremony belaka, tetapi semangat WBK/WBBM  harus terinternalisasi dalam setiap pegawai pada Satuan Kerja  Saudara. Siapa yang tidak siap melaksanakan WBK/WBBM  silahkan mundur.
  4. Kembangkan terus semangat membangun jaringan kerja dengan para stakeholder.
  5. Menjaga dan mempertahankan opini atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan dari BPK yang selama 4 tahun berturut-turut Kementerian Hukum dan HAM memperoleh predikat WTP dengan meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Anggaran pada masing-masing unit kerja. Jangan ada lagi permainan anggaran, permainan proyek, dan memperhatikan administrasi pertanggungjawaban keuangan. Kita sudah mendapat Tunjangan Kinerja yang cukup besar dan kita harus terus berusaha bersama-sama untuk dapat mewujudkan Tunjangan Kinerja 100%. Janganlah dinodai oleh kegiatan-kegiatan yang tidak Akuntabel;
  6. Penggantian pejabat bukan berarti membuat program  baru dan  meninggalkan semua program dari pejabat lama. Penggantian program oleh pejabat baru ini merupakan suatu perbuatan yang membuat tidak efektif dan efisiennya pengelolaan anggaran.
  7. Khusus jajaran Pemasyarakatan, segera lakukan instruksi pimpinan, khususnya dalam penanganan narkoba. “langkah-langkah strategis  perlu  segera dilakukan, libatkan seluruh jajaran dengan meningkatkan koordinasi, lakukan terobosan baru, meminimalisir interaksi antara WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) dengan pegawai.
  8. Kedepan, tantangan tugas dan fungsi teknis Kementerian Hukum dan HAM semakin besar, Saudara harus siap untuk berpikir jangka panjang 5 sampai 10 tahun ke depan. Kita sudah di era industri 4.0, semua serba digital dan otomatis, masyarakat membutuhkan pelayanan yang lebih baik. Mari kita mulai berpikir out of the box, keluar dari zona nyaman, ciptakan inovasi-inovasi dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

Atas nama Menteri Hukum dan HAM RI, Razilu menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sdr. SEPRIZAL atas  kinerjanya yang  baik selama bertugas  sebagai  Plt.  Kakanwil Kemenkumham Lampung. Secara khusus momen yang paling berkesan bagi Sdr. Seprizal adalah mengawal Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM sampai pada tahap desk evaluasi oleh Tim Penilai Nasional.

Pada kesempatan ini juga saya menyampiakan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap mitra di lingkup pemerintah daerah, organisasi, serta masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM di provinsi Lampung, tutup Razilu menyampaikan amanat Menteri Hukum dan HAM RI.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dan ramah tamah. (Humas Lampung)

Sertijab Kemenkumham Lampung 02

Sertijab Kemenkumham Lampung 06

Sertijab Kemenkumham Lampung 06

Sertijab Kemenkumham Lampung 06

Sertijab Kemenkumham Lampung 06

Sertijab Kemenkumham Lampung 03

Sertijab Kemenkumham Lampung 03

Sertijab Kemenkumham Lampung 06

Sertijab Kemenkumham Lampung 04Sertijab Kemenkumham Lampung 04

 


Cetak   E-mail