Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Pegawai Kemenkumham Lampung Kenakan Pakaian Adat

Lampung_INFO. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung  melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dengan penuh khidmad di halaman Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung pada Sabtu (17/8). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Seprizal diikuti oleh  Pimpinan Tinggi Pratama,  Kepala UPT se Kota Bandar Lampung, para pejabat Administrasi dan Pengawas Kanwil dan UPT  serta JFT dan JFU Kantor Wilayah Lampung dan UPT se Bandar Lampung. Seluruh peserta upacara pada hari ini mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah sebagai wujud ke Bhineka Tunggal Ika-an Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Sementara UPT lain di Jajaran Kemenkumham Lampung melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 pada satuan kerja masing-masing.

Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 dibacakan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hj. Fatmawati.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM, Yassona H Laoly yang dibacakan oleh Plt. Kepala Kanwil, Seprizal  selaku Inspektur Upacara menyampaikan Tema Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini adalah "SDM Unggul Indonesia Maju," ini sangatlah tepat jika dikaitkan dengan kondisi bangsa  kita  saat  ini yang  sedang  mencurahkan semua  potensi dan sumber daya menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Faktor Sumber Daya Manusia, menjadi kunci utama berhasilnya sebuah tujuan organisasi, demikian juga dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM, oleh karena itu maka pengelolaan ASN Aparatur dan peningkatan kapasitas SDM telah menjadi perhatian yang lebih prioritas beberapa tahun belakangan ini. Seiring dengan telah ditetapkannya Undang-Undang Aparatur  Sipil Negara yang mengamanahkan pengelolaan ASN wajib berdasarkan Sistim Merit, yaitu kebijakan dan manajemen ASN yang didasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan  wajar   tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal  usul, jenis  kelamin,  maupun kondisi  fisik  yang kurang sempurna; dan Kementerian Hukum dan HAM telah melaksanakan sistem merit tersebut.

Untuk mengupayakan kesejahteraan pegawai, Kementerian Hukum dan HAM telah berhasil memperoleh remunerasi atau tunjangan kinerja 80%,ini semua adalah prestasi kita yang wajib disyukuri, dipertahankan, bahkan harus berupaya untuk meningkatkannya. Salah satu carannya adalah melaksanakan perubahan sesuai dengan amanah reformasi birokrasi. Reformasi Birokrasi akan menghasilkan ASN aparatur yang memiliki integritas, perilaku dan kepedulian yang  berorientasi  kepada kepentingan masyarakat, serta efektif efisien dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Ujar Yasonna dalam sambutannya.

Yasonna juga menyambaikan bahwa Heterogenitas tugas fungsi yang dimiliki Kementerian ini tentunya juga diikuti dengan bermacam permasalahan dan tantangannya masing­ masing. Tetapi tentunya juga ada peluang dan kekuatan yang mampu menjadikan Kementerian Hukum dan HAM menjadi yang terbaik.

Esensi dari SDM Unggul adalah SDM yang berintegritas, amanah, bertanggung jawab, profesional, mampu menjadi inovator yang membangun serta yang mampu menjadi "problem solver" atas semua persoalan dalam pelaksanaan tugas fungsi di Kementerian Hukum dan HAM. Adanya kondisi sedemikian itu, menuntut seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM untuk "bangun" dan  bergerak serentak, memperbaiki kualitas dan kompetensi diri masing-masing pungkasnya.

Ditambahkan lagi, Saat  ini, kita telah  memiliki tata  nilai budaya kerja yang  sudah terbukti  efektif  dalam  meningkatkan  kinerja  Kementerian Hukum dan HAM. Tata nilai profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif (PASTI). Tata nilai ini yang akan membawa seluruh ASN Aparatur Kementerian Hukum dan HAM menjadi competitor yang tangguh dan berintegritas, sehingga mampu membawa Kementerian Hukum dan HAM menjadi organisasi yang berkelas dunia.

Upacara diakhiri dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya para pegawai di Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung yang sudah mengabdikan dirinya selama 10 tahun sampai 30 Tahun.

Usai  pelaksana  upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Kantor Wilayah, Plt. Kepala Kantor Wilayah kemenkumham Lampung mengikuti pelaksanaan upecara detik-detik peringatan HUT RI 74 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Propinsi Lampung di Lapangan Korpri, Kantor Gubernur Lampung. .(Humas Lampung)

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932

DSCF3932


Cetak   E-mail