Diresmikan, UKK Imigrasi Kelas III Non TPI Kotabumi di Kabupaten Pesisir Barat Siap Memberikan Layanan Keimigrasian

Lampung_INFO. Sebagai kabupaten yang memiliki sumberdaya pariwisata berskala internasional, Pesisir Barat memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara, yang tentunya menyumbang devisa yang signifikan bagi negara. Selain itu sebagai kabupaten dengan semboyan negeri sai batin dan negeri para ulama yang mayoritas berpenduduk muslim tentu banyak masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umrah dan haji ke tanah suci. Dilatarbelakangi kedua hal tersebut, kebutuhan akan sentra layanan keimigrasian yang prima dan mudah dijangkau sangat dinantikan kehadirannya, tak hanya oleh masyarakat lokal tapi juga wisatawan mancanegara.

Sebagai perwujudan aspirasi masyarakat tersebut, pada Selasa (6/8) Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal dan Direktur Jendral Imigrasi yang dalam kegiatan ini diwakilkan oleh Seprizal selaku Plt. Kementerian Hukum dan HAM Lampung, meresmikan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi di Kabupaten Pesisir Barat. Setelah diresmikan sentra pelayanan imigrasi yang beralamat di Jalan Lintas Barat Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat ini siap memberikan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat dan wisatawan yang membutuhkan layanan, seperti: pembuatan/perpanjangan paspor dan layanan lainnya.

Acara peresmian diawali dengan arak-arakan secara adat (pencak silat dan iring-iringan rebana) Plt. Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Seprizal beserta rombongan menuju tempat peresmian yang disambut dengan pentas Tari Bebai Nyucun Pahar.  Sebelum agenda peresmian, acara didahului dengan  pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat, serta penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan Direktorat Jendral Imigrasi dalam pembentukan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi di Kabupaten Pesisir Barat . Dan sebagai bentuk kesiapan UKK Imigrasi dalam memberikan pelayanan dokumen keimigrasian, secara simbolis diserah-terimakan paspor kepada tokoh-tokoh yang mewakili komponen masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kementerian Hukum dan HAM dan semua pihak yang turut mendukung hadirnya UKK Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi di Krui ini. Agus berharap dengan sentra pelayanan imigrasi yang kini mudah dijangkau oleh masyarakat, pelayanan publik di Kabupaten Pesisir Barat semakin efisien dan efektif. Menyinggung hal lain, keberadaan Tim Pengawas Orang Asing (TIMPORA) juga sangat diperlukan karena keberadaan warga negara asing yang tinggal dan melakukan aktivitas di wilayah hukum Republik Indonesia, juga sangat perlu mendapat perhatian dan koordinasi dari semua pihak, lanjutnya.

Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Seprizal, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa rangkaian panjang proses Pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotabumi di Pesisir Barat telah kita dilaksanakan secara bersama-sama sejak awal penyampaian permohonan Bupati Pesisir Barat kepada Menteri Hukum dan HAM RI up. Direktur Jenderal Imigrasi melalui Surat Nomor 800/726/09/2017 tertanggal 11 Juli 2017 dan pada tanggal 11 Desember 2018 telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Kotabumi di Direktorat Jenderal Imigrasi Jakarta. Seprizal berharap, mekanisme dan akses pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dapat ditingkatkan melalui inovasi yang menarik dan kompetitif, sehingga menimbulkan sikap responsif terhadap kebutuhan masyarakat saat ini dan juga memicu masyarakat untuk berperan aktif terlibat dalam program layanan keimigrasian yang dapat dimaknai sebagai “investasi” yang signifikan.

Setelah gunting pita peresmian UKK Imigrasi dan sesi foto bersama, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kekemterian Hukum dan HAM Lampung dan Bupati Pesisir Barat beserta rombongan meninjau ruang pelayanan serta meninjau langsung sarana dan prasarana pendukung pelayanan publik yang tersedia. Acara diakhiri dengan makan siang dan ramah tamah. (HUMAS LAMPUNG)

 

Peresmian UKK Pesibar 2

Peresmian UKK Pesibar 2

Peresmian UKK Pesibar 2

Peresmian UKK Pesibar 2

Peresmian UKK Pesibar 2

Peresmian UKK Pesibar 2

 

Cetak