Talkshow Radio Elshinta Tentang Kemenkumham Lampung Correctional Fair 2019

Lampung_INFO. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Edi Kurniadi didampingi Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Bandar Lampung, Sudirman Jaya selaku Ketua Panitia Kemenkumham Lampung Correctional Fair 2019 hari ini Kamis (18/7) di Studiao Radio Elshinta FM Bandar Lampung melaksanakan Talk Show. Talk Show ini dalam rangka memberikan informasi kepada Masyarakat Propinsi Lampung tentang rencana pelaksanaan pameran hasil karya WBP Propinsi Lampung bertajuk Kemenkumham Lampung Correctional Fair 2019 yang akan diselenggarakan pada 22-27 Juli 2019 di Lampung Walk, Jl. Urip Sumoharjo Bandar Lampung (Depan RS Urip Sumoharjo). terang Edi.

Maksud dilaksanakannya pameran ini adalah dalam rangka menunjukkan ke masyarakat bahwa isi Lapas/Rutan yang notabene adalah orang-orang yang bemasalah dengan hukum namun kita tetap melakukan upaya meningkatkan kreatifivas para WBP dilingkungan yang serba terbatas. Walaupun mereka dibatasi tembok namun peningkatan kreativitas mereka tidak terhalang. Disamping itu kegiatan pameran hasil karya narapidana ini merupakan upaya pencapaian tujuan pemasyarakatan yang salah satunya adalah membangun kembali para WBP untuk reintegrasi sosial agar mereka kelak setelah bebas dapat kembali ke masyarakat dengan dibekali keterampilan-keterampilan yang diperoleh di dalam lapas/rutan. Hal ini menunjukan keseriusan kami dalam pelaksanaan program kemandirian terutama dalam membangun lapas industri yang bisa menghasilkan produksi yang bernilai jual dan berdaya saing di masyarakat dan agar masyarakat tahu bahwa dengan melihat hasil karya narapidana/tahanan ini membuktikan mereka bisa juga berkarya dan berkontribusi kepada masyarakat. Selama ini hasil karya WBP ini telah dipasarkan melalui pameran yang diadakan pemerintah daerah maupun secara online. Dalam pembinaan kemandirian dan kepribadian kami telah membangun jejaring kerja sama dengan stake holder dan instansi terkait di Propinsi Lampung, seperti dalam pembinaan kepribadian telah bekerja sama dengan dewan dakwah, UIN Lampung, PGI Lampung dan untuk pembinaan kemandirian telah bekerjasama dengan dinas terkait seperti Balai Latihan Kerja, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan lainnya.

Talkshow yang berlangsung live dan dipandu oleh reporter radio Elshinta 105,1 FM, Rona ini berlangsung 60 menit. Kepala LPKA Kelas II Bandar Lampung, Sudirman Jaya selaku ketua panitia ajang Kemenkumham Lampung Correctional Fair 2019 menjelaskan bahwa persiapan pelaksanaan pameran ini telah mencapai 80%. Nantinya pameran ini akan diikuti 16 Lapas/Rutan di Propinsi Lampung yang akan memamerkan hasil karya WBP pada masing-masing lapas/rutan sekaligus memasarkannya pada pameran tersebut. Sudirman Jaya juga menjelaskan bahwa nantinya setiap hari pengunjung akan dihibur dengan penampilan band dari 5 band lapas/rutan seperti band LPKA Kelas II Bandar Lampung,,  Lapas Kelas I Bandar Lampung, Lapas Kelas IIA Kalianda serta band lapas/rutan lainnya. Hasil karya WBP yang ditampilkan antara lain kreasi seni seperti gantungan kunci berbentuk gajah dari LPKA, tapis dari Lapas Gunung Sugih, lukisan dari Lapas Kalianda, makanan dan kerajinan tangan dari Lapas Perempuan Bandar Lampung serta banyak kerajinan tangan dari lapas/rutan lainnya di Propinsi Lampung. Disamping itu akan diadakan lomba mewarnai untuk anak-anak, diharapkan dengan acara-acara hiburan di ajang pameran akan menarik minat masyarakat untuk datang dan menyaksikan Kemenkumham Lampung Correctional Fair 2019 pada 22-27 Juli 2019 mendatang. tutup Sudirman Jaya (Humas Lampung)

 

DSCF0640

DSCF0640

DSCF0640

DSCF0640

DSCF0640

 

 

Cetak