KUNJUNGAN KERJA Plt. KAKANWIL LAMPUNG KE KOTABUMI

Lampung_INFO.Pada hari ini Rabu (26/6) Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Seprizal didampingi Kepala Divisi Administrasi, Agung Budiyanto, Kabid Keamanan, Kesehatan, Perawatan Napi/Tahanan, Pengelolaan Basan dan Baran, M. Dwi Sarwono serta Kasubag Humas, RB dan TI Erwin Setiawan melaksanakan kunjungan kerja ke Kotabumi. Kunjungan kerja kali ini dalam rangka penguatan tugas dan fungsi pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung yang berada di Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara.

UPT pertama yang dikunjungi adalah Lapas Kelas IIA Kotabumi, kedatangan Plt. Kepala Kantor Wilayah beserta rombongan disambut baik oleh Kepala Lapas Kelas IIA Kotabumi beserta jajaran.

Sebelum memberikan pengarahan dan penguatan, Plt Kakanwil Lampung dan rombongan meninjau lingkungan Lapas Kotabumi dan melihat kolam ikan lele. Kalapas Kelas IIA Kotabumi menyampaikan bahwa bibit ikan lele sebanyak 1000 ekor merupakan bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara.

Sebelumnya Kepala Lapas Kelas IIA Kotabumi, Tetra Destorie menyampaikan laporan bahwa dalam pengamanan Lapas/Rutan di Kotabumi telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan TNI di wilayah Kotabumi. Untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi juga telah dilaksanakan koordinasi dan sinergi dengan instansi terkait di wilayah Kabupaten Lampung Utara. Serta dalam pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) kami telah bekerja keras untuk dapat memenuhi data dukung hingga dapat lulus penilaian Tim Penilai Pusat dan seluruh unsur di Lapas Kotabumi telah berkomitmen untuk mewujudkan Lapas Kelas IIA Kotabumi menjadi Satuan Kerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tegas Tetra.

Plt Kakanwil Kemenkumham Lampung, Seprizal pada kesempatan itu memberikan pengarahan dan penguatan kepada pegawai di Lapas Kelas IIA Kotabumi, turut hadir Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Denial Arif, dan perwakilan dari Kanim Kelas III Kotabumi dan Rupbasan Kelas II Kotabumi. Seprizal menyampaikan bahwa pelaksanaan tugas Pemasyarakatan tahun ini mengalami berbagai ujian, utamanya dikaitkan dengan adanya berbagai kerusuhan yang terjadi pada satker lapas/rutan di Indonesia. Yang belum lama terjadi adalah peristiwa kerusuhan di Rutan Lhoksukon dan Rutan Siak, terakhir terjadi di Polewali. Seprizal berpesan kepada seluruh pegawai Lapas Kotabumi untuk melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang ada, penuh integritas, bekerja dengan profesional dan ketulusan, serta terus berupaya untuk menjaga nama baik, tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak citra institusi. Kemudian dalam penegakan hukum harus memperhatikan perlindungan HAM bagi Tahanan dan Napi serta wajib berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI dalam pelaksanaan tugas pengamanan di Lapas agar tetap terjaga kondisi yang kondusif. Dalam pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) Seprizal memberikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Kalapas Kelas IIA Kotabumi beserta seluruh jajarannya atas prestasinya memperoleh lolos penilaian dari Tim Penilai Internal pada 27 Mei lalu dengan nilai 93,36 dan menempati peringkat ke 6 dari seluruh satker yang dinilai Tim Penilai Internal, namun jangan berpuas diri karena perjalanan masih panjang. Perjuangan untuk memperoleh predikat  WBK, sangatlah berat, butuh 4K (kerja keras, komitmen, keyakinan dan kegotong royongan). Saya yakin, dengan kerja keras seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Kotabumi dapat mewujudkannya dan tentu saja akan menjadi kebanggaan tersendiri dan bagi Kementerian Hukum dan HAM apabila predikat WBK dapat diraih.

Satker yang bisa memperoleh predikat WBK kelak akan memperoleh insentif yang besarannya lumayan. Seprizal meminta Kalapas dan Tim Kerjanya untuk terus memberikan pemahaman kepada seluruh unsur di Lapas Kotabumi tentang pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi melalui sosialisasi dan internalisasi baik kepada seluruh pegawai maupun masyarakat.

Kunjungan hari itu dilanjutkan menuju ke Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotabumi, selama kujungan di Kanim Kelas III Non TPI Kotabumi. Plt Kakanwil beserta rombongan didampingi Kasubsi Lantasikim, Agung dan Kasubsi Insarkom dan Wasdakim, Edwin dari Kanim Kelas III Non TPI Kotabumi dalam meninjau ruang pelayanan, ruang penyimpanan arsip serta ruang lainnya, Seprizal sangat terkesan dengan gedung kantor Kanim Kelas III Non TPI Kotabumi. "ini sungguh luarbiasa, besar dan megah untuk Kanim Kelas III" ujarnya.

Sebelum meninggalkan Kanim Kelas III Kotabumi Seprizal memberikan motivasi kepada para pegawai untuk tetap semangat dan tingkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas.

Unit Pelaksana Teknis selanjutnya  yang dikunjungi adalah Rutan Kelas IIB Kotabumi, Di Rutan Kelas IIB Kotabumi, Plt Kakanwil Lampung beserta rombongan meninjau fasilitas yang ada dan di dampingi Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Denial Arif. Seprizal meninjau blok hunian dan berbincang dengan tahanan yang ada.

Di salah satu blok Seprizal memberikan pengarahan kepada para tahanan tentang bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin melalui Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang sudah terverifikasi. Program bantuan hukum gratis ini bertujuan untuk menjamin dan memenuhi hak bagi penerima bantuan hukum untuk mendapatkan akses keadilan serta mewujudkan hak konstitusional segala warga negara sesuai dengan prinsip persamaan kedudukan di dalam hukum. Saat ini ada 17 Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang terverifikasi di Propinsi Lampung. Untuk terpidana dengan tuntutan lebih dari 5 tahun wajib didampingi pennasihat hukum/pengacara selama proses peradilan, silakan saudara menghubungi Karutan atau petugas di Rutan Kotabumi untuk meminta didampingi pengacara dari pihak OBH selama proses peradilan secara gratis atau tidak dipungut biaya. Karena biaya jasa para OBH ini akan dibayar oleh negara melalui. Kemenkumham. Kepada seluruh tahanan, Seprizal berpesan untuk untuk tidak membuat keributan serta menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Kotabumi,agar kondisi dapat tetap kondusif. (Humas Lampung)

 

1. Kunjungan ke Lapas Kelas IIA Kotabumi

DSCF9082 Fotor Collage

Kemenkumham Kotabumi1

DSCF9131

 

2. Kunjungan Ke Kanim Kelas III Non TPI Kotabumi

Kemenkumham Kotabumi2

 

3. Kunjungan Ke Rutan Kelas IIB Kotabumi

Kemenkumham Kotabumi2

Kemenkumham Kotabumi2

 


Cetak   E-mail