Penguatan Pelaksanaan Target Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas Oleh Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi

Lampung_INFO. Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM  RI Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Nugroho beserta Tim pada  Rabu (19/6) mengunjungi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Lampung, Kunjungan tersebut untuk memberikan Penguatan Pelaksanaan Target Kinerja 2019  dan Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung.

Sebelum tiba di Kantor Wilayah, Staf Ahli mengunjungi Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung, yang telah lulus peniliana TPI dan dapat diusulkan sebagai Satker WBK. Nugroho meninjau kesiapan Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK serta memberikan arahan kepada Tim Kerja Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM dan Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung, Setyo Pratiwi.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penguatan Pelaksanaan Target Kinerja dan Pembangunan ZI di Aula Kantor WIlayah Kemenkumham Lampung yang dihadiri seluruh Pimpinan Tinggi Pratama, Para Kepala UPT se Propinsi Lampung serta Pejabat Administrasi dan Pengawas Kantor Wilayah.

Dalam laporannya Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Seprizal menyampaikan bahwa Pelaksanaan Target Kinerja berdasarkan surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-11.PR.01.03 Tahun 2018 tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2019 telah dilaksanakan dengan baik, meskipun belum optimal. Masih ada target-target yang berstatus kuning (data dukung kurang/belum sesuai)  pada Triwulan I (B03) tahun 2019 dan dari 10 Satuan Satuan Kerja yang telah diusulkan sebagai Satker Wilayah Bebas dari Korupsi, berdasarkan hasil penilaian Tim Penilai Internal (TPI) pada 21 dan 27  Mei 2019 terdapat 4 Satker yang dapat diusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  antara lain Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Lapas Kelas IIA Kalianda, Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung, Lapas Kelas IIB Kotabumi, Adapun Lapas Kelas IIA Metro yang telah meraih predikat WBK pada Tahun 2018 diusulan sebagai Satker WBBM.

Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi memberikan pelaksanaan Target Kinerja serta meminta Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung untuk benar-benar melaksanakannya, untuk data dukung yang belum lengkap agar segera dilengkapi. Serta dipersiapkan dengan baik bahan-bahan untuk pelaksanaan Rapat Koordinasi Capaian Kinerja yang akan dilaksanakan pada 1-3 Juli mendatang di Jakarta karena ini merupakan penilaian dan evaluasi kinerja para Pimpinan Tinggi Pratama di Wilayah.

Nugroho menyampaikan bahwa mau tidak mau, suka tidak suka pelaksanaan pembangunan Zona Integritas harus dilaksanakan sebagai wujud pelaksanaan Reformasi Birokrasi dalam rangka perbaikan pelayanan publik. Nugroho menuturkan bahwa tahapan evaluasi dan penilaian oleh Tim Penilai Internal pada bulan Mei 2019 lalu baru awal, masih ada penilaian oleh Tim Penilai Nasioanal sehingga rekomendasi TPI yang ada pada Berita Acara hasil penilaian TPI harus segera ditindaklanjuti, segera lakukan perbaikan-perbaikan dan lengkapi data dukung yang masih kurang. Nugroho meminta untuk dilakukan survey Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) paling tidak 2 kali sebelum TPN datang untuk melakukan penilaian komponen pengungkit serta lakukan koordinasi dengan Ombudsman atau Badan Statistik setempat dalam pelaksanaan Survey tersebut.

Pada hari kedua (20/6) Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi mengunjungi Lapas Kelas IIA Kotabumi dan meninjau kesiapan Lapas Kelas IIA Kotabumi dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK serta memberikan arahan dan penguatan kepada Tim Kerja Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM dan Kepala Lapas Kelas IIA Kotabumi, Tetra Destorie. Hadir pada kesempatan tersebut para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi di wilayah Kotabumi.

Usai Kunjungan ke Kotabumi, Staf ahli melanjutkan kunjungan ke Lapas Kelas IIA Metro untuk meninjau kesiapan dan memberikan arahan dan penguatan kepada Tim Kerja Pembangunan ZI Lapas Kelas IIA Metro dan Kalapas Kelas IIA Metro Ismono karena diusulkan sebagai Satker WBBM. Hadir pada kesempatan itu pada Kepala UPT Pemasyarakatan di Wilayah Kota Metro, Pesawaran, Gunung Sugih dan Sukadana.

Sementara Tim Staf Ahli lainnya yaitu Fahmi dan Arif  didampingi Tim PPL Kanwil Lampung mengunjungi Lapas Kelas IIA Kalianda untuk memberikan pendampingan kepada Tim Kerja Pembangunan ZI Lapas Kelas IIA Kalianda.

Pada Hari ketiga (21/6) Tim Staf Ahli (Fahmi dan Arif) memberikan pendampingan kepada Tim Kerja Pembangunan ZI Kantor Wilayah. Hadir pada kesempatan itu Kepala Divisi Administrasi, Agung Budiyanto selaku Ketua Tim Kerja Pembangunan ZI Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung. (Humas Lampung)

 

1. Penguatan WBK di Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung

LPP

 

2. Penguatan Target Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas di  Kanwil Lampung

Kanwil 1Kanwil 1

DSCF8562

 

3. Penguatan Pembangunan ZI di Lapas Kelas IIA Kotabumi

Kotabumi

 

4. Penguatan Pembangunan ZI di Lapas Kelas IIA Metro

Metro1

 

5. Pendampingan Pembangunan ZI di Lapas Kelas IIA Kalianda

Kalianda

 

6. Pendampingan Pembangunan ZI di Kantor Wilayah Lampung

Kanwil pendampingan

Cetak