Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 73 di Kanwil Lampung

INFO_Kanwil_Lampung (30/10). Puncak semarak Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM RI ke 73 tahun 2018 Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera Hari Dharma Karyadhika di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung pada hari ini Selasa (30/10). Upacara peringatan HDKD ke 78 ini diikuti selurh pegawai dan pejabat tinggi pratama, pejabat Administrator eselon III, IV dilingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung serta para pegawai dan Kepala serta pejabat Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kota Bandar Lampung dan dihadiri pula unsur perwakilan Forkopimda Propinsi Lampung. Kakanwil Kemenkumham Lampung, Bambang Haryono bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kemenkumham oleh Ketua Panitia HDKD 2018, Kadiv Pemasyarakatan, Edi Kurniadi. Upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika ke 73 juga dilaksanakan oleh seluruh Satuan Kerja Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Bambang Haryono menyampaikan arti Dharma Karyadhika secara menyeluruh adalah  "Manusia   diberikan kelebihan   untuk  melakukan   pekerjaan   sesuai  kewajibannya,    aturan,  dan kebenaran". Sungguh   dalam   makna   yang terkandung   dari  sebuah   kata Dharma  Karyadhika,  ternyata  eksistensi  ASN  Kementerian  Hukum  dan  HAM adalah dibuktikan  melalui hasil kerjanya dalam menjalankan  kewajiban sesuai aturan. Tahun  2018  sudah  berada  di ujung  penghabisan, saatnya  kita  perkuat sinergitas untuk menyelesaikan  persoalan-persoalan  dengan solusi yang berkualitas. Hal  ini sejalan  dengan tema  yang  kita  usung  tahun  ini  yaitu "Sinergi Kerja Kami   PASTI." Tema  ini harus  benar-benar diimplementasikan pada semua aspek kehidupan  birokrasi kita di Kementerian Hukum dan HAM.

Memaknai Dharma Karyadhika dari sudut pandang kinerja adalah bagaimana kita mengoptimalkan kinerja kita sebaik-baiknya. Persoalan kinerja adalah tanggung jawab  bersama dari  hulu sampai  ke hilir, seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM. Kunci dari suksesnya suatu organisasi adalah adanya komitmen dan disiplin yang kuat dari masing-masing individunya. Mengenai adanya perubahan aturan terkait seragam dinas dan atribut pegawai, hal itu adalah bagian dari cara organisasi kita melatih komitmen dan disiplin. Kita harus mulai dari diri sendiri, sebelum kita mengomentari orang lain. Komitmen dan disiplin ini tidak mudah ditumbuhkan begitu saja, tetapi perlu latihan dan pembiasaan terus menerus ungkap Yassona dalam sambutannya.

Tahun 2018 adalah tahun implementatif bagi E-Gov Kementerian Hukum dan  HAM. Hampir semua  pelayanan hukum dan HAM yang  kita sajikan kepada publik telah berbasis teknologi informasi. Namun kita jangan berhenti berinovasi, berbagai  aplikasi  dan  kesisteman terus  harus  diperbaiki dan ditingkatkan kecepatan dan akurasi datanya.Saat ini pun kita sudah punya Data Center, saya minta seluruh aktivitas birokrasi yang berbasis data dilingkungan  Kementerian Hukum dan HAM dapat disajikan melalui Data Center secara tepat, akurat dan akuntabel.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Bambang Haryono berpesan kepada seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM agar terus   menguatkan integritas,  jaga  martabat  pribadi,  keluarga,  organisasi,   bangsa,  dan  negara tercinta,  sehingga  kita menjadi  ASN  yang  semakin  PASTI.  Oleh  karena  itu, bekali  diri  kita dengan  iman  dan  takwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Kuasa, kemampuan   skill dan manajerial, serta komepetensi yang lainnya, sehingga mampu menjadi benteng bagi gangguan yang datang dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Menutup sambutannya, Yassona kembali berpesan bahwa Implementasi PASTI semakin hari hendaknya semakin menjiwai kita dalam bekerja dan berkinerja. Berbagai prestasi telah kita raih sepanjang tahun 2018, mulai dari prestasi dibidang fasilitatif administratif sampai dengan prestasi dibidang teknis, yang semuanya itu adalah buah dari kerja keras, kerja cerdas,  dan kerja  ikhlas, yang  kita laksanakan secara  Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, dan Inovatif (PASTI).

Pada rangkaian upacara diserahkan pula penghargaan kepada pegawai yang berprestasi dalam menggagalkan penyelundupan narkoba ke dalam Lapas/Rutan serta kepada pegawai yang telah memasuki masa purna bhakti. Usai pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Dharma Karyadhika, seluruh pejabat dan pegawai dijajaran Kanwil Kemenkumham Lampung beserta para tamu undangan kemudian melaksanakan acara syukuran secara sederhana dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Bambang Haryono. (Humas Kanwil)

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01

HDKD Lampung 2018 01


Cetak   E-mail