Pembukaan Latihan Dasar CASN Golongan III Kanwil Lampung

Bandar Lampung, 25 April 2018. Bertempat di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BPSDM) Hukum dan HAM RI menyelenggaraan Pelatihan Dasar Bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Angkatan I untuk Golongan III Tahun 2018 pada Selasa (24/4). Pelatihan Dasar ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Bambang Haryono. Acara dihadiri oleh pula oleh Kadiv Administrasi, Kadiv Keimigrasian, Kepala UPT Lapas Khusus Kelas IIA Narkotika, Lapas Kelas IIB Kalianda, Bapas Kelas II Bandar Lampung, Bapas Kelas II Metro, Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda dan Kantor Imigrasi Kelas III Kotabumi dan instruktur

Dalam laporan penyelengaraan latihan dasar (Latsar) yang disampaikan oleh Kepala Divisi Administrasi, Agung Budiyanto bahwa Pelatihan Dasar CPNS Angkatan I untuk Golongan III ini diikuti oleh 38 orang CASN Golongan III dari formasi sarjana hasil penerimaan pegawai tahun anggaran 2017. CASN Golongan III ini tersebar pada 7 Unit Pelaksana Teknis pada jajaran Kantor Wilayah Lampung, antara lain Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung, Lapas Khusus Kelas IIA Narkotika, Lapas Kelas IIB Kalianda, Bapas Kelas II Bandar Lampung, Bapas Kelas II Metro, Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda dan Kantor Imigrasi Kelas III Kotabumi dengan jabatan Dokter, Pembimbing Kemasyarakatan dan Analis Keimigrasian. Pelatihan Dasar bagi CASN di jajaran Kemenkumham Lampung ini diselenggarakan selama 133 hari yang terdiri dari:pembelajaran klasikal atau pembelajaran dalam kelas (30 hari) dan non klasikal yaitu penerapan dan implementasi hasil pembelajaran di unit kerja masing-masing (100 hari) dan diakhiri dengan ujian (3 hari)

Adapun tujuan diadakannya Latsar CPNS ini untuk membentuk PNS profesional yang dibentuk oleh sikap dan perilaku disiplin PNS, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, dan menguasai kompetensi teknis bidang tugas, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung yang dibacakan oleh Kepala Seksi Program dan Evakuasi BPP Drs, Subur, MM menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya Kepala BPP menyampaikan harapan agar seluruh peserta Latsar mematuhi tata tertib selama mengikuti Latsar ini, antara lain berpakaian sopan, dan berperilaku sopan, peduli dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat pelatihan.

Acara selanjutnya adalah sambutan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Bambang Haryono sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Dasar CASN Angkatan I untuk Golongan III di Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung. Dalam sambutannya Bambang Haryono menyampaikan kepada peserta Latsar bahwa kalian adalah orang-orang terpilih dan terbaik dari sekitar 29.000 pelamar yang masuk. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini dengan melakukan perbuatan-pebuatan yang melanggar hukum, terutama terlibat dalam penyalah gunaan Narkoba karena tidak ada toleransi untuk itu. Kalian masih dalam masa percobaan, apabila nanti kelak dapat lulus barulah kalian akan menjadi ASN secara resmi. Tidak seperti pendidikan Prajabatan pada tahun-tahun yang lalu setiap CPNS punya dua kali kesempatan, maka dengan kurikulum baru yang terintegrasi ini para CPNS hanya punya satu kali kesempatan mengikuti pelatihan dasar ini, apabila tidak lulus maka gugurlah kesempatan menjadi ASN. Jadilah ASN Kementerian Hukum yang PASTI! (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif) dan seperti pesan mantan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy "Jangan tanyakan apa yang bisa negara berikan kepadaku, tapi tanyakan apa yang bisa saya berikan kepada negara demikian ungkap Bambang dalam sambutannya.

Mengakhiri kegiatan pembukaan pelatihan dasar ini, disematkan tanda peserta oleh Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Keimigrasian kepada perwakilan peserta Latsar. (*Humas Lampung)

Latsar Kumham Lampung 9

Latsar Kumham Lampung 1

Latsar Kumham Lampung 2

Latsar Kumham Lampung 3

Latsar Kumham Lampung 4

Latsar Kumham Lampung 5

Latsar Kumham Lampung 6

Latsar Kumham Lampung 8

IMG 9311

IMG 9312

 

 


Cetak   E-mail