Ada yang berbeda dalam puncak peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2017

Bandar Lampung, (30/10). Puncak semarak Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM RI ke 72 tahun ini Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera Hari Dharma Karyadhika di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung. Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan upacara bendera Hari Dharma Karyadhika Tahun 2017 ini dengan seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat. Upacara peringatan HDKD ke 72 ini diikuti selurh pegawai dan pejabat struktural eselon II, III, IV dilingkungan Kanwil Kemenkumham Lampung serta para pegawai dan Kepala serta pejabat Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kota Bandar Lampung dan dihadiri pula unsur perwakilan Forkopimda Propinsi Lampung. Upacara ini menarik perhatian Sekretaris Daerah Propinsi Lampung, Sutono yang bertindak selaku Inspektur Upacara mewakili Gubernur Lampung. Sebelum menyampaiakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Ri dalam upacara peringatan HDKD, Sutono menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan upacara peringatan HDKD ini dimana seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat dan baru pertama kali disaksikannya di Propinsi Lampung. Sehingga hal ini akan dijadikan contoh bagi Pemerintah Propinsi Lampung untuk menyelenggarakan upacara dengan seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan Sekretaris Daerah Propinsi Lampung, menyampaikan bahwa tahun ini, peringatan hari jadi Kementerian Hukum dan HAM bertemakan "Kerja Bersama, Kami PASTI Melayani" yang disimbolkan oleh kepala kuda dan lambang tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, dan Inovatif). Ada makna yang mendasari pemilihan tersebut, bahwa melalui "semangat/jiwa kuda", yang menyimbolkan "kerja keras" dan "kerja bersama" secara cepat, serta mempunyai "endurance" ketahanan yang luar biasa, diharapkan seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM mampu bekerja keras, tangkas, dan berjiwa kesatria untuk mengabdi pada bangsadan negara. "Kebersamaan, loyalitas, dan totalitas"  menjadi kata kunci dalam pencapaian kinerja Kementerian Hukum dan HAM.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yassona H Laoly meminta kepada seluruh satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM untuk menyediakan fasilitas "pojok baca" yang sederhana namun penuh makna. Buku-buku hendaknya diperoleh dari swadaya pegawai berupa sumbangan buku sukarela, dengan mengedepankan prinsip "dari kita, oleh kita". Dengan adanya pojok baca tersebut, semoga dapat menambah pengetahuan pegawai, sehingga mampu berkinerja tinggi dan lebih berkualitas. Dan bagi WBP, ini sejalan dengan program pembinaan yang selama ini sudah berjalan di Lapas/Rutan yakni program pembinaan kepribadian dan program pembinaan kemandirian. Melalui    program    pembinaan     kepribadian,    WBP    didorong    untuk membaca sekaligus memahami buku-buku keagamaan, hukum, kesadaran berbangsa    dan   negara,   serta   pengetahuan    lainnya.   Sementara    melalui program   pembinaan    kemandirian,    WBP   dikembangkan    minat   dan   bakat menulis, sehingga diharapkan  muncul produk-produk  tulisan WBP yang berkualitas,  serta dapat dinikmati  dan diminati oleh masyarakat.

Menutup sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Propinsi Lampung, Yassona menyampaikan bahwa tahun 2018 semakin dekat, kita sudah mulai merasakan hangatnya politik yang  kian  meningkat. Agenda  politik yang sudah tersusun  sedikit banyak akan mempengaruhi ritme kinerja pemerintah.Sebagai insan pengayoman dan aparatur sipil negara Kementerian Hukum dan HAM, mari kita sikapi segala bentuk dinamika politik dengan tetap menjaga keteduhan, ketentraman, ketenangan, serta persatuan. Apapun hasil dari pesta politik, jajaran Kementerian Hukum dan HAM akan terus meningkatkan kinerja dalam rangka mendukung suksesnya program pembangunan nasional.

Pada rangkaian upacara diserahkan pula penghargaan kepada perwakilan dari 11 orang pegawai yang telah memasuki masa purna bhakti dan pemenang Stand terbaik dalam Pameran Legal Expo 2017. Usai pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Dharma Karyadhika, seluruh pejabat dan pegawai dijajaran Kanwil Kemenkumham Lampung beserta para tamu undangan kemudian melaksanakan acara syukuran secara sederhana dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Bambang Haryono yang diserahkan kepada Sekretaris Daerah Propinsi Lampung dan perwakilan pegawai. (Humas Lampung)

HDKD Kemenkumham Lampung 2017 3

HDKD Kemenkumham Lampung 2017 6

HDKD Kemenkumham Lampung 2017 1

HDKD Kemenkumham Lampung 2017 2

HDKD Kemenkumham Lampung 2017 4

HDKD Kemenkumham Lampung 2017 5

 

 


Cetak   E-mail