Upacara Hari Sumpah Pemuda dan Pembukaan Legal Expo HDKD 2017

Bandar Lampung (28/10). Bertempat di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Sabtu pagi (28/10) diselenggarakan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 89. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Bambang Haryono bertindak sebagai Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil dan UPT di Bandar Lampung. Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga yang dibacakan Kepala Kantor Wilayah Lampung menyampaikan pesan Bung Karno bahwa "Jangan Mewarisi Abu sumpah pemuda, Tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir". 

Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Seusai Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda, kegiatan dilanjutkan dengan Pembukaan Pameran Legal Expo sebagai rangkaian kegiatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2017. Kegiatan diawali dengan penampilan pencak silat dan dilanjutkan pemotongan pita sebagai lambang dibukanya Legal Expo oleh Kakanwil Kemenkumham Bambang Haryono didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fatmawati, SH, MH selaku Ketua Panitia Kegiatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2017 dan para Kepala Divisi lainnya.Pameran Legal Expo ini diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi serta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung dan terdapat pula stand yang disediakan bagi pihak non instansi internal seperti BRI, BNI, Danamon, Oppo, Vivo.

Dalam Pameran  Legal Expo ini diselenggarakan berbagai kegiatan, antara lain :
1. Konsultasi hukum gratis
2. Konsultasi layanan AHU & KI (kenotariatan, fidusia, kewarganegaraan, merek, cipta dll )
3. Pengajuan pembuatan paspor
4. Konsultasi layanan registrasi dan integrasi secara online bagi keluarga warga binaan pemasyarakatan (PB, CB, CMB, Remisi)
5. Pameran dan bazaar hasil karya warga binaan pemasyarakatan

Kegiatan Pameran Legal Expo ini diselenggarakan dari tanggal 28 hingga 30 Oktober 2017 di halaman Kantor Wilayah dan terbuka untuk umum. (Humas Lampung)

 

Upacara Sumpah Pemuda Kemenkumham Lampung 1 resize

Upacara Sumpah Pemuda Kemenkumham Lampung 2 resize

Upacara Sumpah Pemuda Kemenkumham Lampung 3 resize

Pembukaan Legal Expo Kemenkumham Lampung 1 resize

Pembukaan Legal Expo Kemenkumham Lampung 2 resize

Pembukaan Legal Expo Kemenkumham Lampung 3 resize

 


Cetak   E-mail